Tenang! Modul Katup ABS Aftermarket Enggak Bikin Rem Motor Blong

Muhammad Farhan - Senin, 23 Maret 2020 | 14:40 WIB

Motor non ABS terpasang modul Protec ABS (Muhammad Farhan - )

GridOto.com - Pasti diantara kalian ada yang bertanya-tanya, apakah modul katup ABS aftermarket yang dijual di pasaran tidak bikin rem blong?

Pasalnya tabung kecil yang dipasang di sistem rem ini diklaim bisa bekerja cegah roda terkunci layaknya rem ABS dengan mengurangi tekanan minyak rem ke kaliper.

Meskipun cara kerjanya mengurangi tekanan hidrolis dari master rem menuju kaliper, ternyata rem diklaim tetap berfungsi normal.

"Selama proses pemasangannya benar dan tidak ada angin yang terjebak, maka dijamin enggak bikin rem motor jadi enggak pakem atau blong," ujar Teguh Suryadi, staf bengkel Ultraspeed Racing, Daan Mogot, Jakarta Barat.

(Baca Juga: Awas! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Pelek Motor Matic Gosong)

Pada motor dengan rem tanpa ABS, roda motor bakal terkunci saat master rem ditekan penuh secara mendadak sehingga motor tidak bisa dikendalikan.

Sedangkan motor dengan rem ABS, risiko rem mengunci dikurangi dengan adanya sistem yang mengatur tekanan minyak rem ke kaliper.

youtube/tomroderick
Kerja rem ABS dan tidak terlihat jelas pada video tes

"Nah karena tekanan yang diterima kaliper sedikit dikurangi, hasilnya modul ABS bisa bekerja layaknya ABS sungguhan sehingga risiko motor jatuh juga berkurang," yakinnya.

Di dalam modul Protec ABS berbentuk tabung ini terdapat katup yang berfungsi mengurangi tekanan yang diterima agar rem tidak terkunci.

(Baca Juga: Banyak Yang Salah Membaca Tingkatan Kelvin Lampu, Begini Seharusnya)