Penumpang Grab Harus Selfie Dulu Sebelum Diantar Ke Lokasi Tujuan, Kenapa Begitu?

Dia Saputra - Rabu, 12 Juni 2019 | 19:45 WIB

Grab wajibkan penumpang dan pengemudi foto selfie sebelum akses layanan (Dia Saputra - )

GridOto.com - Pengguna aplikasi transportasi online Grab akan diwajibkan melakukan foto sebelum mengakses berbagai layanan aplikasi.

Yang disebut sebagai Swafoto yang mana kebijakan ini diterapkan oleh Grab Malaysia mulai (12/07/2019).

Swafoto adalah kebijakan baru Grab Malaysia yang akan diterapkan untuk mengetahui meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang dari kemungkinan tindak kejahatan yang mungkin terjadi dan disebabkan oleh kedua pihak tersebut.

“Swafoto adalah sebagai verifikasi identitas, keamanan, dan bisa digunakan untuk membantu pihak berwenang melakukan penyelidikan jika dibutuhkan,” tulis keterangan resmi Grab dalam pengumumannya.

(Baca Juga: Dinilai Arogan Suka Asal Suspend, Puluhan Driver Demo Tuntut Ketua Grab Balikpapan Turun)

Jika diperlukan, pengemudi ataupun penumpang akan diminta untuk memberikan foto selfie yang lain untuk memverifikasi identitas mereka.

Grab menjamin foto yang diunggah sebelum melakukan perjalanan akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan dimanfaatkan untuk tujuan lainnya.

Dilansir dari Asia One, peraturan baru ini terbukti efektif membantu menyelesaikan kasus-kasus kriminal seperti perampokan, perampasan, bahkan pembunuhan yang melibatkan pengemudi Grab.

(Baca Juga: Dukung Transportasi Lokal dan Kurangi Polusi, Grab Luncurkan GrabBajay)