Antisipasi Jawa Timur Penuh Pemudik, Pertamina: Jangan Takut Stok BBM Habis

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 7 Juni 2019 | 18:15 WIB

Suasana SPBU di kawasan Batu pada H+1 Lebaran, Kamis (6/6/2019). (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Cuti Bersama Hari Raya Lebaran memang baru akan berakhir hari Minggu nanti (9/6).

Bahkan masih banyak pemudik yang masih dalam perjalanan pulang hari ini.

Ditambah oleh kendaraan pemudik yang sudah ada di kampung halaman, maka wajar apabila konsumsi BBM di daerah tersebut akan naik.

Di Jawa Timur, Pertamina memprediksi bahwa kebutuhan BBM bensin (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium) pada H+1 Lebaran mencapai 15.000 kilo liter, atau 16 persen di atas konsumsi normal.

(Baca Juga: SPBU di Purwokerto Haus BBM! Penjualannya Naik Hingga 20 Persen!)

Karena itu, Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa hal sebagai antisipasi.

"Beberapa di antaranya adalah melakukan build up stock di SPBU-SPBU sekitar daerah wisata serta memberikan fasilitas kredit kepada SPBU dengan term of payment sampai dengan 3 hari," jelas Rustam dilansir dari TribunJatim.

Untuk mensiasati kondisi jalanan yang pasti ramai, mereka juga akan menyalurkan BBM dari Terminal ke SPBU lebih awal, mulai dari jam 00:00 WIB dan beroperasi selama 24 jam.

"Kami juga mengoptimalkan tim satuan tugas (Satgas) yang selalu monitor keadaan di lapangan, serta menyiagakan mobil tangki di 16 SPBU Kantong, di antaranya di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Batu, Malang, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember," tambahnya.