Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gimana Gak Sering Kecelakaan, 5 Sopir Ini Terbukti Pakai Narkoba

Hendra - Selasa, 25 Juni 2024 | 13:59 WIB
Sopir angkutan umum dites urin petugas Polda Aceh
Polri
Sopir angkutan umum dites urin petugas Polda Aceh

GridOto.com- Kecelakaan sering terjadi di wilayah hukum Polda Aceh, dalam kurun waktu 1 Juni hingga 24 Juni 2024 terjadi 247 kasus Laka.

Dirlantas Polda Nanggroe Aceh Darussalam, Kombes M. Iqbal Alqudusy mengungkap data kecelakaan lalu lintas berdasarkan Integrated Road Safety Management System (IRSMS) mengakibatkan 54 orang meninggal dunia.

"Sebanyak 17 orang luka berat, 393 orang luka ringan, serta kerugian materi mencapai Rp 742,6 juta," jelasnya.

Untuk itu, pihak ditlantas Polda Aceh dan Satlantas Polres melakukan pengecekan urine terhadap sopir atau pengemudi, terutama angkutan umum secara serentak.

Pengecekan urine tersebut akan dilaksanakan berkaitan dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas di Aceh Timur yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia, apalagi diketahui sopirnya positif amphetamin.

“Sopir di Aceh Timur yang mengakibatkan 4 penumpang meninggal dunia, positif amphetamin dan metamfetamin. Itu hasil cek urine oleh Bid Dokes Polda Aceh,“ kata Kombes M Iqbal Alqudusy.

Sebagai tindak lanjut hasil cek urine pengemudi, Ditlantas beserta jajaran dibantu stakeholder melaksanakan cek urine serentak bagi para sopir baik itu angkutan umum maupun rental.

“Sebanyak 86 orang sopir sudah kita cek urine-nya di delapan wilayah Polres. Hasilnya lima pengemudi hasilnya positif amphetamin, yaitu satu orang di Aceh Timur dan satu orang di Lhokseumawe, tiga orang di Polres Langsa,” ujar Kombes Iqbal.

Baca Juga: Kronologi Tabrakan Mitsubishi Pajero Sport Vs Truk Tronton di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Tewas

Iqbal menjelaskan, terhadap sopir yang hasilnya positif akan dilakukan penyelidikan dan pendalaman oleh Satresnarkoba tentang asal usul narkoba yang digunakan.

Selain itu, sopir tersebut juga akan dilakukan assessment oleh BNK, sehingga akan direhabilitasi atau rawat jalan selama tiga atau enam bulan.

“Cek urine terhadap pengemudi Mopen ini ke depan akan dijadikan agenda rutin dengan stakeholder sebagai upaya menyelamatkan nyawa yang sia-sia di jalan karena kelakuan para pengemudi yang mengkonsumsi narkoba,” kata iqbal

Kombes M. Iqbal mengimbau pengendara untuk berhati-hati dan tetap mematuhi rambu atau aturan dalam berlalu lintas, serta menghargai antar sesama pengguna jalan.

“Sudah banyak korban akibat laka lantas. Oleh karena itu hati-hati dalam berkendara, patuhi aturan berlalu lintas, serta menghargai antar sesama pengguna jalan,” imbau Kombes M Iqbal Alqudusy.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa