Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik 2024

Komisi V DPR RI Sidak Angkutan Mudik Lebaran di Terminal-Terminal, Ini Hasilnya

M. Adam Samudra - Kamis, 21 Maret 2024 | 12:30 WIB
Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik dengan mengawasi kesiapan angkutan mudik lebaran 2024
BPTJ
Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik dengan mengawasi kesiapan angkutan mudik lebaran 2024

GridOto.com - Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik dengan mengawasi kesiapan angkutan mudik lebaran 2024 di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae di Kota Bogor, mengatakan pengawasan ini dilakukan khususnya terhadap penyelenggaraan angkutan sektor darat pengoperasian terminal tipe A, yakni Terminal Baranangsiang

“Tingginya mobilitas penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini, maka kami memandang beberapa hal perlu menjadi perhatian serius dari semua pihak dalam penyelenggaraan mudik lebaran,” kata Ridwan, Kamis (21/3/2024).

Sebab, kata dia, Komisi V DPR RI berpandangan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan daerah tujuan dan lintasan mudik 2024.

“Oleh karena itu kami ingin memperoleh data dan penjelasan yang lebih komprehensif, sekaligus membahas bersama terkait persiapan sarana prasarana transportasi di Terminal Baranangsiang,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Potensi pergerakan nasional pada masa angkutan lebaran adalah kurang lebih 193 juta orang dengan potensi pergerakan di Pulau Jawa dengan perjalanan menggunakan moda darat yang melewati provinsi jawa barat.

Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Marta Hardisarwono, menjelaskan dalam menghadapi musim mudik lebaran tahun 2024, pihaknya melakukan sejumlah langkah antisipasi dan pencegahan.

“Kami akan melakukan pendataan jumlah penumpang dan bus yang masuk dan keluar terminal. Kemudian kami juga akan melakukan pemeriksaan teknis dan laik jalan bus yang akan dioperasionalkan oleh petugas ramp check. Selain itu kami juga akan menjamin kesehatan awak dan penumpang bus melalui pemeriksaan kesehatan yang dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan dan Jasaraharja,” jelas Marta.

Sementara itu di Terminal Poris Plawad, Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan berharap Terminal Tipe A Poris Plawad dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Baca Juga: Polri Adakan Mudik Gratis Tujuan Jabar, Jateng dan Jatim Intip Syaratnya

“Sejauh ini kami melihat kesiapan fasilitas terminal seperti toilet dan ruang tunggu sudah tersedia dengan cukup baik, namun kami juga berharap BPTJ dapat lebih meningkatkan fasilitas Terminal agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat sehingga dapat menarik masyarakat untuk naik bus dari terminal,” ungkapnya

Andi juga menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan angkutan jalan baik bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) agar naik/turun di terminal bus yang resmi.

“Bagi masyarakat pengguna bus khususnya bus AKAP/AKDP, agar memanfaatkan terminal bus yang resmi sebagai tempat untuk berangkat mudik ke kampung halaman. Bus yang diberangkatkan dari terminal resmi akan lebih terjamin kelaikannya karena mendapat pengawasan dari petugas terminal,” himbau Andi.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa