Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ABS Motor

Akademisi Bilang Rem ABS Bisa Selamatkan Lebih dari 2.000 Nyawa Pemotor Setiap Tahun, Kok Bisa?

Isal - Senin, 18 Maret 2024 | 09:30 WIB
Kecelakaan motor akibat pengereman mendadak
Kecelakaan motor akibat pengereman mendadak

GridOto.com - Teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System) pada motor bisa mengurangi potensi roda motor terkunci ketika proses pengereman.

Ternyata kemampuan ABS mengurangi roda slip atau terkunci saat proses pengereman dapat menyelamatkan bikers dari risiko kecelakaan.

Pakar berikut ini ungkap banyaknya korban kecelakaan motor yang berpotensi bisa diselamatkan dengan disematkannya teknologi ABS pada sistem pengereman motor.

"ABS pada sepeda motor berkontribusi dalam mengurangi risiko terjatuh," buka Ir. Tri Tjahjono, M.Sc, Ph.D, Dosen Department of Civil and Environmental Engineering Universitas Indonesia kepada GridOto.

Baca Juga: Negara Lain Sudah, Ini Alasan Akademisi Dorong Rem ABS Motor Wajib di Indonesia

"Kemudian memperpendek jarak pengereman (ketika melakukan rem mendadak)," tambahnya saat ditemui pada Kamis lalu (07/03/2024).

Lanjut dalam materi yang disampaikan, Tjahjono mengungkap kalau ABS bisa mengurangi angka kecelakaan akibat pengereman mendadak.

"Sekitar 1/4 dari semua kecelakaan yang relevan dengan pengereman bisa diatasi jika setiap motor dilengkapi ABS," jelas Tjahjono dalam materi yang disampaikannya.

Tjahjono menilai keuntungan dari rem ABS dapat mengurangi 27 % angka kecelakaan.

Ir. Tri Tjahjono, M.Sc, Ph.D, Dosen Department of Civil and Environmental Engineering Universitas Indonesia, ABS pada sepeda motor berkontribusi dalam mengurangi risiko terjatuh
Rizky Apryandi/GridOto.com
Ir. Tri Tjahjono, M.Sc, Ph.D, Dosen Department of Civil and Environmental Engineering Universitas Indonesia, ABS pada sepeda motor berkontribusi dalam mengurangi risiko terjatuh

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa