Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uniknya WorldSBK Australia Akhir Pekan Ini, Tiap Pembalap Wajib Pakai Pitstop

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 23 Februari 2024 | 13:35 WIB
WorldSBK Australia 2024 diwajibkan memakai pit stop
Instagram.com/WorldSBK
WorldSBK Australia 2024 diwajibkan memakai pit stop

GridOto.com - Dorna Sports, FIM dan MSMA sepakat untuk menerapkan pit stop dalam gelaran pembuka WorldSBK Australia 2024 akhir pekan ini.

Dalam dua balapan utama (race 1 dan race 2) di Sirkuit Phillip Island, tiap pembalap diwajibkan melakukan sekali pit stop pada pertengahan balapan.

Peraturan tersebut diberlakukan setelah kejutan yang terjadi dalam tes pramusim yang digelar beberapa hari lalu di trek yang sama.

Kala itu degradasi ban sangat luar biasa di atas aspal yang baru, sehingga dikhawatirkan bahwa ban yang dibawa Pirelli tidak akan cukup untuk melibas seluruh putaran yang dilombakan.

Jumlah putaran dalam dua balapan tersebut juga sudah dikurangi dari 22 lap menjadi 20 lap demi mengurangi risiko yang ada, sedangkan superpole tetap dengan 10 lap.

Kewajiban pit stop untuk pergantian ban ini diwajibkan berada di antara lap ke-9 hingga lap ke-11, dengan dua ban bisa diganti atau hanya yang belakang saja.

Sedangkan ban depan dampaknya tidak terlalu dikhawatirkan, sehingga tim bisa melakukan strateginya untuk tetap memakai ban lama atau berganti dengan yang baru.

Jatah ban yakni 10 buah depan belakang dengan dua jenis SC1 medium dan SC2 hard, kini ditambah menjadi 12 buah untuk akhir pekan ini.

Uniknya tidak boleh ada pit stop yang terlalu terburu-buru ataupun adu cepat pit stop seperti yang terjadi di Formula 1.

Baca Juga: Tes Pramusim Meyakinkan, Ducati dan Pecco Bagnaia Segera Perpanjang Kontrak

Editor : Hendra
Sumber : Corsedimoto.com

Inilah 3 Pembalap Calon Pengganti Aleix Espargaro di Aprilia Buat MotoGP 2025

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa