Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

IIMS 2024

Buka Pameran IIMS 2024, Jokowi Ingin Banyak Mobil Listrik Diproduksi di Indonesia

Wisnu Andebar - Kamis, 15 Februari 2024 | 11:31 WIB
Setelah membuka IIMS 2024, Jokowi berkeliling area pameran
Wisnu/GridOto.com
Setelah membuka IIMS 2024, Jokowi berkeliling area pameran

GridOto.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada hari ini, Kamis (15/2/2024).

Presiden Jokowi menyampaikan optimismenya terhadap perkembangan mobil listrik di Tanah Air.

"Saya melihat (pameran IIMS) baik. Banyak yang dipamerkan, mobil listrik. Ya memang masa depan otomotif Indonesia itu di mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya," ujar Jokowi di sela acara pembukaan pameran IIMS 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Guna mendorong percepatan kendaraan listrik yang semakin masif, presiden Jokowi menyebutkan juga bakal memberikan subsidi terhadap pabrik mobil listrik di Indonesia.

"Untuk insentif mobil listrik kami sudah mendorong dengan pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), saya kira ini akan mendorong penjualan. Selain itu jga mendorong subsidi pabrik-pabrik electric vehicle yang ada di Indonesia, arahnya ke sana," terangnya.

"Sehingga nanti kita bisa bersaing dengan negara-negara lain kalau semua konten sudah, baterainya sudah, nah kita akan liat kita akan bersaing dengan negara lain.
Semuanya kita dorong. Tujuannya agar semuanya berproduksi di Indonesia.
EV semua merek berproduksi di Indonesia karena kita mempunyai kekuatan EV baterai," tambah Jokowi.

Sekadar info, gelaran ini dihadiri oleh lebih dari 180 pemain otomotif yang berasal dari Agen Pemegang Merek (APM) mobil dan mobil listrik, motor dan motor listrik, serta beragam brand aksesori otomotif.

Khusus untuk mobil, pabrikan yang hadir meliputi Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, KIA, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Prestige, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Serta dua pendatang baru dari benua Asia, yaitu Vinfast dari negara tetangga yaitu Vietnam serta BYD yang akan membawa mobil listrik mereka.

Baca Juga: Ini Jadwal Shuttle Gratis IIMS 2024 Buat Yang Ogah Bawa Kendaraan Pribadi

Di sektor kendaraan roda dua, terdapat Benelli, Keeway, BMW Motorrad, Honda, Italjet, Kawasaki, Peugeot, Piaggio, Vespa, Aprilia, Motoguzzi, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, dan Yamaha.

Sementara untuk merek motor listrik ada Alva, Davigo, Gesits, Greentech, Mid West, Pacific, Polytron, Rakata, Selis, Smev, United e-Motor, Move, Volta, Yadea, dan ZPT.

Bagi pengunjung yang ingin bertransaksi di IIMS 2024, ajang ini juga turut didukung oleh rekanan bank seperti MUFG Bank,PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) serta layanan multifinance dari PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance).

Tak hanya pameran otomotif, IIMS 2024 juga menghadirkan rangkaian agenda hiburan bertajuk “Infinite Show” selama 11 hari penuh.

Pengunjung dapat menyaksikan performa eksklusif dari Kahitna, Ari Lasso, Andre Taulany and Friends, Endah N Rhesa, Saykoji, Maliq & D’Essentials, Mahalini, Tulus, dan Dewa 19 feat Marcello Tahitoe akan menjadi penampil utama yang akan memeriahkan panggung IIMS Infinite Live 2024.

Bagi pengunjung yang ingin menghindari macet, Dyandra Promosindo menyediakan shuttle point di Cibubur Junction, Metropolitan Mall Bekasi, Bintaro Jaya Xchange Mall, Margo City, Pondok Indah Mall, Summarecon Mall Serpong, Summarecon Mall Bekasi, dan Senayan City.

Shuttle point di atas memiliki jadwal keberangkatan menuju JIExpo pada 11.00, 15.00, dan 19.00 WIB, sementara jadwal kepulangan dari JIExpo pukul 13.00, 17.00, dan 21.00 WIB.

Harga tiket masuk pada hari pertama dibanderol seharga Rp 150.000, Senin sampai Kamis (weekdays) sebesar Rp 50.000, sedangkan pada hari Jumat hingga Minggu (weekend) sebesar Rp 85.000.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan serunya acara Infinite Live, tiket kombinasi yang mencakup Infinite Live dapat dibeli dengan Rp 75.000 pada weekdays (berlaku pada 20 dan 22 Februari) dan Rp 185.000 pada weekend.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa