Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembuatan SIM Kolektif Tanpa Tes Banyak Beredar, Kakorlantas Polri Bilang Begini

M. Adam Samudra - Kamis, 4 Januari 2024 | 18:30 WIB
Satpas SIM polres Metro Bekasi
Adam Samudra
Satpas SIM polres Metro Bekasi

GridOto.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan meminta kepada masyarakat agar tidak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui jalur 'SIM Kolektif'.

Bahkan ia mengimbau masyarakat jangan mempercayai informasi hoax terkait dengan rencana pembuatan SIM kolektif yang beredar di media sosial.

"Itu jelas tidak benar, masyarakat kalau mau buat SIM baru silahkan datang ke Satpas SIM untuk daftar dan mengikuti proses yang sudah ada," kata Irjen Pol Aan saat dihubungi GridOto.com, Kamis (4/1/2024).

"Kami harap masyarakat jangan cepat percaya dengan informasi yang tidak resmi. Kepolisian tidak pernah menyelenggarakan pembuatan SIM kolektif. Silahkan datang ke Satpas dengan melengkapi dokumen dan persyaratan pembuatan serta mengikuti tes yang berlaku. Jangan percaya dengan calo atau yang pura-pura bisa bantu," sambungnya.

Baca Juga: Jangan Terpaku Libur, Perpanjang SIM Bisa Lewat Aplikasi Ini Hitungan Menit Langsung Jadi

Biaya pembuatan SIM baru mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Polri, penggunaan golongan SIM dan biaya pembuatannya di Indonesia sebagai berikut:

1. Biaya pembuatan SIM A

Ada dua jenis SIM A, yaitu SIM A dan SIM A Umum. SIM A dipakai untuk kendaraan bermotor roda empat dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 kg.

SIM A (perorangan) wajib dipunyai oleh pengendara mobil pribadi. Sedangkan seseorang yang memiliki profesi sebagai sopir angkutan kota, maka wajib memiliki SIM A Umum.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa