Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Terpaku Libur, Perpanjang SIM Bisa Lewat Aplikasi Ini Hitungan Menit Langsung Jadi

M. Adam Samudra - Sabtu, 30 Desember 2023 | 09:52 WIB
Ilustrasi SIM
GridOto.com
Ilustrasi SIM

GridOto.com - Layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan ditutup sementara selama masa libur Lebaran yang akan dimulai pekan ini. 

Kepolisian memberikan dispensasi perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2834/XXI/YAN.1.1./2023 tentang Yan Bit SIM di masa libur nasional dan cuti bersama Hari Natal dan tahun baru 2023.

Dalam surat itu disebutkan, pelayanan SIM libur pada 25-26 Desember 2023, 31 Desember 2023, dan 1 Januari 2024.

"Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 25-26 Desember 2023, dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada tanggal 27-28 Desember 2023," tulis surat tersebut.

Sementara masyarakat yang masa berlaku SIM habis pada 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada 2-3 Januari 2024.

Nah buat sobat GridOto yang pada masa libur SIM nya akan berakhir bisa memperpanjang lewat aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR).

Cara ini membuat kalian melakukan pengurusan SIM termasuk memperpanjang masa aktif bisa dari mana saja.

"Melalui aplikasi ini masyarakat dapat memperoleh pelayanan perpanjangan SIM secara online, semudah memesan pizza," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam unggahan akun Instagram resminya belum lama ini.

Baca Juga: Masa Berlaku SIM Habis saat Libur Nataru? Tenang, Masih Boleh Diperpanjang di Tanggal Segini

Ada 12 tahap yang dapat dilakukan untuk pengurusan SIM, namun untuk saat ini perpanjangan hanya berlaku untuk SIM A (mobil) dan SIM C (motor).

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa