Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Macet Nataru, Ini Dia Jalur Alternatif Buat yang ke Arah Purwakarta dan Bandung Barat

M. Adam Samudra - Sabtu, 23 Desember 2023 | 14:00 WIB
Tol fungsional Darangdan
Jasa Marga
Tol fungsional Darangdan

GridOto.com - Jasa Marga akan mengoperasikan tol fungsional Akses Darangdan untuk kendaraan golongan 1 non bus dan non truk di Km 99A (akses keluar) dan Km 99B (akses masuk) di Ruas Tol Cipularang.

Nantinya akses ini akan beroperasi selama 24 jam.

Pengoperasian fungsional ini sesuai persetujuan Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR dalam rangka pelayanan selama arus mudik dan balik libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Diharapkan akses Darangdan di Km 99 Ruas Tol Cipularang ini dapat menjadi tambahan alternatif bagi pengguna jalan yang menuju atau dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat," Panji Satriya selaku Marketing and Communication Department Head
Jasamarga, Sabtu (23/12/2023).

Sehingga lanjut Panji, hal ini dapat memperluas distribusi lalu lintas dan dapat berdampak pada pengurangan kepadatan di akses keluar utama.

"Setelah dioperasikan secara fungsional, nantinya akan kembali dilakukan evaluasi untuk memastikan kesiapan akses sebelum dioperasikan secara penuh untuk melayani pengguna jalan sesuai persetujuan Kementerian PUPR," tuturnya.

Sekadar informasi, bahwa Polri menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow di Subang dan Karawang selama arus mudik dan balik Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Mengutip media sosial TMC Polda Metro Jaya, tahap pertama contraflow dilakukan untuk persiapan arus mudik dan balik Nataru.

"Pelaksanaan contraflow bisa bersifat situasional sesuai dengan diskresi kepolisian. Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati dan lebih waspada dalam berkendara. Selain itu, diharapkan pengguna jalan dapat mematuhi petugas di lapangan," demikian pengumuman Pori dikutip dari laman resmi, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga: Hadir saat Libur Nataru, Posko Siaga Daihatsu Berikan Diskon Servis dan Ganti Oli

Kepolisian menetapkan penerapan untuk arus mudik dilakukan dari km 47 atau Karawang Barat sampai km 87 atau Subang pada pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB mulai Jumat 22 Desember 2023.

Penerapan sistem contraflow dilanjutkan pada Sabtu, 23 Desember 2023 pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB dan Minggu, 24 Desember 2023 untuk jam yang sama.

Sementara untuk arus balik kepolisian akan melakukan contraflow pada Selasa 26 Desember 2023 pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB, dan Rabu, 27 Desember 2023 pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa