Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 20 Desember 2023 | 19:33 WIB
Efek skandal keselamatan, Daihatsu stop produksi mobil-mobilnya di seluruh dunia termasuk Indonesia, Toyota, Mazda, dan Subaru ikut terdampak.
Rianto Prasetyo/GridOto
Efek skandal keselamatan, Daihatsu stop produksi mobil-mobilnya di seluruh dunia termasuk Indonesia, Toyota, Mazda, dan Subaru ikut terdampak.

GridOto.com - Daihatsu akan memberhentikan seluruh distribusi mobil yang mereka produksi baik di Jepang maupun di luar negeri per Rabu, (20/12/2023) hari ini.

Keputusan tersebut diambil setelah temuan panel investigasi terkait pelanggaran regulasi keselamatan yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

"Daihatsu hari ini memutuskan untuk menghentikan sementara distribusi semua model yang dikembangkan Daihatsu yang saat ini sedang diproduksi, baik di Jepang maupun di luar negeri," kata Daihatsu dalam pernyataan di laman web resminya.

Model yang distribusinya dihentikan tidak hanya yang dikembangkan sendiri oleh Daihatsu.

Melainkan juga model-model yang diproduksi oleh Daihatsu sebagai OEM untuk merek lain seperti Toyota, Mazda, dan Subaru.

Belum diketahui apa dampak penghentian tersebut bagi aktivitas penjualan keempat merek tersebut di Indonesia.

Terutama bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM), yang punya banyak model 'kembar' di Tanah Air.

Sebut saja Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Toyota Rush dan Daihatsu Terios, maupun Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Dua model terakhir yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sendiri sempat mengalami recall pada awal 2022 lalu akibat anomali pada sambungan fender apron bagian depan.

Baca Juga: Respons Toyota Indonesia Soal Agya Terbaru Masuk Daftar Manipulasi Tes Tabrak Daihatsu

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa