Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rocky-Raize di Indonesia Dipastikan Tak Terdampak Manipulasi Uji Tabrak

Wisnu Andebar - Selasa, 23 Mei 2023 | 17:30 WIB
Rocky e-Smart Hybrid terdampak skandal manipulasi uji tabrak di Jepang
Wisnu/GridOto.com
Rocky e-Smart Hybrid terdampak skandal manipulasi uji tabrak di Jepang

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) menjamin Rocky dan Raize yang dijual di Indonesia tidak terdampak skandal manipulasi uji tabrak yang terjadi di Jepang.

Seperti diketahui, insiden manipulasi ini melibatkan Daihatsu Rocky e-Smart dan Toyota Raize Hybrid pasar Jepang sehingga penjualannya ditunda.

"Kami pastikan Daihatsu Rocky di Indonesia tidak terdampak sama sekali," ujar Marketing Director, dan Corporate Planning and Communication Director ADM, Sri Agung kepada GridOto.com, Selasa (23/5/2023).

"Pelanggan tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman," sambungnya.

Sementara itu Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM mengatakan, pihaknya memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan dari adanya informasi tersebut.

"Namun sampai dengan saat ini, kami dapat pastikan bahwa Toyota Raize yang dijual dan didistribusikan di Indonesia tidak terdampak dan masih berjalan dengan normal penjualannya," tutur Anton.

Ia menjelaskan, Toyota Raize yang dipasarkan di Indonesia merupakan produksi lokal dan berbeda dengan yang saat ini tengah diisukan di jepang.

Selain itu, terkait sertifikasi pun sudah melewati proses homologasi dari pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Rocky-Raize Hybrid Terdampak Manipulasi Uji Tabrak, Penjualan Ditunda

"Sehingga konsumen tidak perlu khawatir karena semua line up Toyota yang dijual di Indonesia telah melalui dan lolos dari berbagai sertifikasi yang disyaratkan oleh pemerintah," terang Anton.

Sekadar info, manipulasi pada Rocky e-Smart dan Raize Hybrid menyangkut pada sertifikasi uji tabrak UN-R135.

Sertifikasi UN-R135 adalah standar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk keselamatan penumpang saat kejadian tabrak samping dengan tiang atau pole side collision.

Berbeda dari UN-R95 yang menyangkut pada mobil-mobil luar Jepang, UN-R135 diuji menggunakan tiang yang ditabrakkan ke sisi mobil di kecepatan 32 km/jam.

Pengetesan tabrak samping pole UN-R135 harus dilakukan di sisi kiri dan sisi kanan serta data keduanya harus di submit pada otoritas sertifikasi.

Daihatsu mengungkap telah menguji tabrak sisi kiri model yang terdampak di hadapan saksi-saksi.

Namun untuk sisi kanan, Daihatsu menyebut melakukan submit data sisi kiri ketimbang data sisi kanan yang dites secara internal.

Alhasil, manipulasi ini memberikan dampak pada semua unit Raize Hybrid dan Rocky e-Smart yang telah dijual sejak November 2021 lalu.

Adapun unit terdampak mencapai 78.440 unit dengan rincian 22.329 unit Rocky e-Smart dan 56.111 Raize Hybrid.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa