Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Juara Asia Pakai Honda, Veda Ega Pratama Bakal Ngebut Pakai KTM di Balap Eropa Tahun Depan

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 19 Desember 2023 | 19:16 WIB
Juara Asia Pakai Honda, Veda Ega Pratama ngebut pakai KTM di balap Eropa tahun depan.
Asia Talent Cup
Juara Asia Pakai Honda, Veda Ega Pratama ngebut pakai KTM di balap Eropa tahun depan.

GridOto.com - Pembalap muda Indonesia yaitu Veda Ega Pratama akan 'naik kelas' ke balap Eropa pada 2024 mendatang.

Promosi ini diraihnya setelah sukses menjadi Juara Asia Talent Cup 2023 dengan memenangkan 9 dari 12 balapan yang digelar sepanjang tahun ini.

Tak pelak, prestasi ini pun diapresiasi oleh Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP yang mengundang Veda Ega Pratama ke ajang Red Bull Rookies Cup 2024.

Jadi kebetulan yang bagus juga, mengingat pembalap asal Wonosari, DI Yogyakarta itu baru menginjak 15 tahun yang menjadi batas minimal usia untuk ajang balap di Eropa tersebut.

Selain faktor usia, Red Bull Rookies Cup 2024 juga menjadi ajang yang tepat bagi Veda Ega Pratama untuk naik kelas karena di kejuaraan tersebut, ia akan memakai motor dengan spesifikasi yang sangat dekat dengan motor kejuaraan dunia Moto3.

Tapi bukan Honda NSF250RW, melainkan KTM RC250 R yang merupakan motor 'wajib' di kejuaraan Red Bull Rookies Cup atau biasa disingkat RBRC itu.

Di satu sisi, Veda akan mengikuti jejak senior-seniornya di Astra Honda Racing Team seperti Gerry Salim, Mario Aji, dan Fadillah Arbi yang juga terpilih untuk mengikuti RBRC.

Tapi di sisi lain, langkah yang diambil oleh pemuda kelahiran 23 November 2008 tersebut sedikit berbeda karena ia tidak turun di ajang FIM Junior GP juga di tahun yang sama.

Baca Juga: Kunci Gelar Juara, Ini Daftar Rekor yang Dipecahkan Veda Ega Pratama di ATC 2023

Maklum, batas minimum usia untuk turun di gelaran FIM Junior GP Moto3 adalah 16 tahun.

Meski demikian, RBRC tetap menjadi tempat yang tepat bagi pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut untuk menimba pengalaman balapan di Eropa.

Terlebih, seluruh seri RBRC digelar di akhir pekan yang sama dengan tujuh balapan MotoGP di 'Benua Biru' tersebut pada 2024 nanti.

Sehingga tidak hanya belajar layout sirkuit-sirkuit Eropa dan persaingan di sana, Veda Ega juga membiasakan diri berada di paddock kejuaraan dunia yaitu MotoGP.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa