Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyaris Tiga Juta Kendaraan Bakal Padati Jalan Tol Jakarta Selama Libur Nataru, Ini Prediksi Puncak Arusnya

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 14 Desember 2023 | 17:30 WIB
Nyaris tiga juta kendaraan bakal padati jalan tol Jakarta selama libur Nataru, ini prediksi puncak arus mudik dan arus baliknya.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Nyaris tiga juta kendaraan bakal padati jalan tol Jakarta selama libur Nataru, ini prediksi puncak arus mudik dan arus baliknya.

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) prediksi nyaris tiga juta kendaraan akan bolak-balik Jakarta pada libur Natal dan Tahun Baru alias libur Nataru 2023.

Rinciannya, akan ada 2.884.595 kendaraan keluar pada arus mudik dan 2.886.846 unit kendaraan masuk ke Jabodetabek pada arus balik libur Nataru 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Lisye Octaviana selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga.

"Secara total, arus mudik diprediksi meningkat 14,2 persen dan arus balik meningkat 14,1 persen dibandingkan arus lalin normal," kata Lisye di Jakarta Timur, Kamis (14/12/2023).

"Mayoritas itu ke arah Timur, ke arah Trans Jawa di GT Cikampek Utama dan ke arah Bandung di GT Kalitama," tambahnya.

Arus ke arah Timur menguasai 47 persen dari total kendaraan yang akan keluar dari Jakarta, diikuti oleh arus Barat yang mengarah ke pelabuhan Merak melalui GT Cikupa dengan 31 persen, serta arus Selatan yang melalui GT Ciawi dengan kontribusi 22 persen saja.

Sementara untuk arus balik lagi-lagi didominasi oleh kendaraan yang datang dari Timur dengan kontribusi 48 persen, diikuti oleh arah Barat yang menyumbangkan 30 persen, dan arah Selatan dengan 22 persen.

Lisye menambahkan, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik dan arus balik Natal masing-masing akan terjadi pada 22 Desember dan 26 Desember.

Sementara puncak arus mudik dan arus balik tahun baru 2024 akan terjadi masing-masing pada 30 Desember dan 1 Januari nanti.

Baca Juga: Kerap Merusak Jalan, Truk Odol Banyak Kena Razia di Tol Solo Ngawi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa