Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ramai Kasus Penyelewengan BBM Subsidi, Ternyata QR Code MyPertamina Banyak Dijual di FJB

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 29 November 2023 | 11:30 WIB
ilustrasi: Ramai kasus penyelewengan BBM subsidi akibat QR Code MyPertamina dijual bebas
Pradana/GridOto.com
ilustrasi: Ramai kasus penyelewengan BBM subsidi akibat QR Code MyPertamina dijual bebas

GridOto.com - Beberapa waktu belakangan sedang ramai kasus penyelewengan BBM subsidi dengan modus penyalahgunaan data kendaraan.

Menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, para pelaku memanfaatkan nomor polisi kendaraaan untuk melancarkan aksinya.

"Mereka (pelaku) memiliki nomor polisi milik orang lain dan QR Code yang terdaftar di My Pertamina," ungkap Irto. 

Berdasarkan postingan Instagram @gridoto mengenai penyelewengan BBM subsidi bermodus penyalahgunaan data kendaraan, pemilik akun @arjunot memberi komentar bahwa praktik jual-beli QR Code MyPertamina dilakukan secara terang-terangan di Trenggalek, Jawa Timur, melalui media grup FJB (Forum Jual Beli) di media sosial.

Bahkan pemilik akun tersebut sampai menjadi korban saat truk yang ia bawa mengalami kesulitan saat hendak melakukan pengisian solar subsidi di wilayah lain.

"Di grub FJB Facebook banyak yang jual QR Code. Pernah dapat unit (truk) dari Trenggalek, ngisi di Trenggalek enggak apa-apa, beberapa hari kemudian ngisi lagi di salah satu pom di Magetan, ditanyain QR sama petugas pom, ya tak jawab gak ada, kemudian dicek, datanya malah Pertalite, padahal unitnya truk Elf," bebernya, Selasa (28/11/2023).

"Terus kutanyain gimana cara gantinya, dijawablah 'gatau' yawes, akhirnya ada orang bawa L300 ijin nitip ngisi solar Rp 50 ribu, untungnya boleh.. sejak saat itu kendaraan di rumah aku daftarin semua, takutnya ya gini enggak bisa ngisi," lanjutnya.

Selain penyelewengan BBM subsidi dengan QR Code milik orang lain, modus pengetap dan pembelian menggunakan jeriken juga masih marak di sejumlah wilayah.

"Semua SPBU di Samarinda antrean parah bos, banyak pengetap. Kemarin mereka pakai Suzuki Thunder, sekarang pakai mobil," tulis @irwansyah0992.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GridOto (@gridoto)

Baca Juga: Cek Data Kendaraan, Waspada Digunakan Penyelewengan BBM Subsidi

"Masih ada daerah saya Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, ada antrean jeriken-jeriken para penjual BBM eceran. Antrean panjang tapi kok pom bensinnya malah jual ke mobil yang bawa jeriken," jelas @fajar_sakmadyo.

Merespon banyaknya penyelewengan BBM subsidi dengan modus di atas, Pertamina Patra Niaga sudah melakukan langkah dengan memblokir 232 ribu kendaraaan yang diduga menyalahgunakan data di aplikasi MyPertamina.

Sebanyak 400 lebih SPBU juga mendapatkan sanksi dari pihak Pertamina diduga melakukan penyelewengan BBM bersubsidi. 

Editor : Dida Argadea
Sumber : Instagram @gridoto

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa