Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gak Cuma Jakarta, Wilayah Ini Masih Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan

M. Adam Samudra - Kamis, 23 November 2023 | 16:00 WIB
Ilustrasi: Daftar lokasi pemutihan pajak kendaraan Oktober 2023.
Faisal/GridOto.com
Ilustrasi: Daftar lokasi pemutihan pajak kendaraan Oktober 2023.

GridOto.com - Bukan cuma Jakarta, ternyata ada wilayah lain yang masih memberikan pemutihan pajak kendaraan di akhir tahun ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang sedang memberikan insentif fiskal berupa kebijakan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB dengan tarif nol persen untuk penyerahan kedua dan seterusnya.

Kebijakan ini berlaku mulai 10 Oktober hingga 31 Desember 2023.

"Untuk membantu meringankan pembayaran pajak kendaraan bermotor, masyarakat DKI Jakarta dapat memanfaatkan insentif pajak daerah berupa penghapusan sanksi administrasi untuk Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor," kata Wakil Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Bapak Elvarinsa melalui keteranganya, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: Jangan Telat, Jawa Barat Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga Tanggal Segini

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memberikan insentif pajak daerah berupa pengenaan sebesar 0% (nol persen) untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk kendaraan kedua dan seterusnya (kendaraan second).

"Dengan insentif ini, Pemerintah DKI Jakarta berupaya mendorong masyarakat untuk menjalankan administrasi kendaraan mereka secara tepat waktu," ungkapnya.

Sekadar informasi, bukan hanya Jakarta, masih ada beberapa provinsi lain saat ini masih menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor hingga akhir 2023.

Pemberian pemutihan berbeda-beda di setiap wilayah, namun pada umumnya pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama (BBN) pertama atau kedua.

Baca Juga: 7 Provinsi Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bulan Ini, Catat Rinciannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa