Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Xpander Disikat Pakai Cara Licik, Remote Cadangan Jadi Kuncinya

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 2 November 2023 | 11:35 WIB
Ilustrasi pencurian Mitsubishi Xpander di Surabaya dengan cara licik, yakni memanfaatkan remote cadangan korban.
F. Yosi/Otomotifnet
Ilustrasi pencurian Mitsubishi Xpander di Surabaya dengan cara licik, yakni memanfaatkan remote cadangan korban.

GridOto.com - Satu unit Mitsubishi Xpander yang terparkir di depan gudang Jalan Kalimas Barat Surabaya, Jawa Timur, disikat komplotan spesialis pencurian mobil pada Rabu (27/9/2023) lalu.

Komplotan yang terdiri dari lima orang berinisial AS (25), RA (25), ZA (28), MF (25), dan HI (28) ini berhasil membawa kabur Mitsubishi Xpander tersebut dengan cara licik, yakni memanfaatkan remote serep yang sebelumnya sudah dicuri dari rumah korban.

Kasat Reskrim Polres Tanjung Perak Surabaya, Iptu Muhammad Prasetya mengatakan, aksi pencurian mobil tersebut berawal saat para komplotan berkeliling mencari lokasi pencurian yang sepi.

"Usai menemukan targetnya, tersangka ZA langsung mengeksekusi mobil dengan menggunakan kunci serep (remote) yang mereka dapatkan satu bulan sebelumnya setelah dicuri oleh tersangka AS dari rumah korban yakni FWT," ujar Prasetya, dikutip dari laman humas.polri.go.id, Rabu (1/11/2023).

Selanjutnya, Mitsubishi Xpander tersebut dibawa kabur oleh ZA, MF dan HI ke wilayah Sampang Madura untuk dijual kepada seorang penadah.

"Setelah adanya kasus pencurian tersebut, kedua korban FWT dan AM selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak," beber Prasetya.

Kanit Jatanras Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung perak Ipda Mustofah melanjutkan, dari hasil olah TKP di lokasi kejadian melalui rekaman CCTV, polisi dapat mengidentifikasi wajah salah satu pelaku yakni ZA.

"Ia merupakan seorang residivis yang pernah terjerat dalam perkara penipuan pada tahun 2017 di Polres Pelabuhan Tanjung Perak," ungkapnya.

Tak mau buruannya melarikan jauh, Tim Jatanras kemudian melakukan pengejaran terhadap ZA di wilayah Dapuan Baru Surabaya.

Lima orang komplotan pencurian Mitsubishi Xpander di Surabaya ditangkap Tim Jatanras Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak.
humas.polri.go.id
Lima orang komplotan pencurian Mitsubishi Xpander di Surabaya ditangkap Tim Jatanras Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Editor : Hendra
Sumber : Humas.polri.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa