Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Sopir Bus Sering Kasih Kode Sein Ketika di Jalan? Pahami Maksud dan Artinya

Naufal Shafly - Minggu, 8 Oktober 2023 | 14:05 WIB
Ilustrasi bus sedang menyalip kendaraan di depannya
Instagram @dagelanbis
Ilustrasi bus sedang menyalip kendaraan di depannya

GridOto.com - Sopir bus biasanya memiliki kode sein khusus, sebagai tanda untuk pengguna jalan.

Walaupun bukan aturan tertulis, kode sein ini biasanya dilakukan untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan yang berada di belakang bus.

Menurut sopir bus pariwisata Bee Buzz, Dedy, kode sein biasanya digunakan saat bus hendak menyalip kendaraan di depannya.

Jika sopir memberikan lampu sein kanan, itu tandanya kendaraan di belakang bus tersebut boleh membuntuti untuk ikut menyalip.

"Kalau kita di jalan tol atau jalan biasa, nyalipnya sein kanan terus itu silahkan ikut (mengekor)," ucap Dedy saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, jika sopir bus yang sedang menyalip tiba-tiba memberikan sein kiri, pengguna jalan di belakang jangan ikut mengekor.

Alasannya karena biasanya ruang di depan terlalu sempit, atau dari arah berlawanan sedang ramai.

"Kalau pas tengah-tengah nyalip, bodi belum lewat tapi seinnya udah pindah ke kiri, itu jangan diikuti. Tandanya kendaraan di depan lebih pelan," timpal Fariz yang juga merupakan sopir bus pariwisata.

Selain sein kiri, ada juga sebagian sopir bus yang memberikan kode bahaya dengan memasang lampu hazard saat sedang menyalip.

Baca Juga: Jangan Asal Buntutin Hindari Celaka, Kenali Isyarat Lampu Sein Bus

"Biasanya kalau saya nih, kalau (posisinya) nanggung itu enggak masang lampu sein kiri terus atau sein kanan terus. Kami pasang lampu bahaya (hazard), biar yang di belakang  enggak ikut (mengekor)," terang Dedy lagi.

Hanya saja, ternyata kode-kode dari sopir bus tersebut hanya berlaku di Pulau Jawa.

Untuk Pulau Sumatera, kode sein yang diberikan memiliki perbedaan.

"Di Sumatera malah kebalikannya. Kalau kita nyalip dari kanan terus kasih sein kiri, itu berarti aman (diikuti pengguna jalan di belakang bus)," ucap Dedy.

"Jadi kalau ada bus nyalip ke kanan lalu pasang seinnya kanan, itu berarti enggak aman untuk diikuti. Kebalikannya dari kode sein di Jawa," lanjutnya.

Ia mengatakan, kode sein ini bukan hanya dipakai oleh sopir bus, melainkan juga digunakan sopir truk dan beberapa kendaraan besar lainnya.

Jadi sekarang sudah paham ya sob, maksud dari lampu sein yang sering dipakai sopir bus saat berada di jalan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa