Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia, Mana yang Harga Jual Kembalinya Bagus?

Wisnu Andebar - Sabtu, 7 Oktober 2023 | 12:37 WIB
Resale value Toyota Avanza lebih bertahan dari Daihatsu Xenia
GridOto.com
Resale value Toyota Avanza lebih bertahan dari Daihatsu Xenia

GridOto.com - Resale value atau harga jual kembali, masih menjadi salah satu hal yang kerap dipertimbangan ketika hendak membeli mobil.

Hal itu menggambarkan kebanyakan konsumen di Indonesia yang sudah memikirkan untuk menjual kembali mobilnya setelah dipakai beberapa tahun.

Berbicara tentang resale value, Tim GridOto.com tertarik untuk membandingkan depresiasi harga produk kembar besutan PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Resale value produk kembar yang akan dibahas kali ini adalah model low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Dengan memiliki tampilan yang mirip atau kembar, apakah harga jual kembali keduanya sama di pasar mobil bekas?

Desi Lestari, bagian marketing showroom mobil bekas Cipta Motor di BSD Tangerang mengatakan, tidak dapat dipungkiri Toyota Avanza memiliki resale value yang lebih baik ketimbang saudara kembarnya.

Sebab menurutnya, merek saat ini masih menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi resale value dari sebuah mobil.

"Depresiasi harga mobil Toyota bisa dibilang lebih bertahan dibandingkan merek Daihatsu, meskipun secara model mirip atau kembar," kata Desi kepada GridOto.com, Jumat (6/10/2023).

Ia mencontohkan, untuk mobil bekas Toyota Avanza tipe tertinggi yakni 1,5 G CVT TSS lansiran 2022, saat ini showroomnya berani menjual dengan harga Rp 270,2 juta.

Baca Juga: Pantesan Banyak Incar Mobil Bekas Toyota Avanza, Ini Update Harganya

Adapun harga baru Avanza 1,5 G CVT TSS pada tahun lalu dibanderol Rp 295,8 juta, yang artinya terjadi depresiasi 8,6 persen atau Rp 25,6 juta setelah setahun pemakaian.

Sedangkan Daihatsu Xenia yang juga tipe tertinggi yakni 1,5 R CVT ASA keluaran 2022, Desi menyebut harga bekasnya kini Rp 240,3 juta.

Pada 2022 lalu, harga mobil baru Xenia 1,5 R CVT ASA dibanderol Rp 274,1 juta, sehingga depresiasinya lebih besar dari Avanza sebanyak Rp 33,8 juta (12,3 persen) setelah setahun pemakaian.

Begitu pula di marketplace, penelusuran GridOto.com harga Daihatsu Xenia bekas juga terpantau mengalami penurunan yang lebih banyak daripada Toyota Avanza.

Seperti Avanza 1,5 G CVT TSS bekas keluaran 2022 ditawarkan Rp 258,5 juta, sedangkan Daihatsu Xenia 1,5 R CVT ASA bekas tahun yang sama Rp 217,5 juta.

Jika dibandingkan dengan harga barunya pada 2022 lalu, Depresiasi Toyota Avanza Rp 37,3 juta (12,6 persen) dan Daihatsu Xenia Rp 56,6 juta (20,6 persen) setelah setahun pemakaian.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa