Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Banyak Cabang, Bagaimana AHM Menjaga Kualitas dan Kompetensi Mekanik AHASS?

Naufal Shafly - Senin, 2 Oktober 2023 | 16:25 WIB
Ilustrasi Mekanik AHASS
Astra Motor Jateng
Ilustrasi Mekanik AHASS

GridOto.com - Mekanik merupakan salah satu pilar utama dalam pelayanan aftersales yang dilakukan pabrikan.

Mekaniknya tidak kompeten, pengaruhnya pada perawatan motor konsumen tidak maksimal.

Karena punya peran penting dalam menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen, kualitas mekanik harus diperhatikan betul pabrikan.

Lantas, bagaimana cara pabrikan menjaga kualitas mekanik mereka?

Bicara hal ini, PT Astra Honda Motor (AHM) membeberkan langkah menjaga kualitas mekanik AHASS dengan cara pelatihan berjenjang.

Jenjang pertama adalah pelatihan terukur dari Technical Training Level (TTL) 1 untuk kompetensi perawatan motor.

Mekanik yang lolos fase ini, mereka naik ke step berikutnya yakni TTL 2.

Fase TTL 2, mekanik AHASS dilatih mahir dalam proses perbaikan dan penanganan setiap keluhan terhadap performa motor konsumen.

Lolos fase ini, mekanik akan naik kelas ke TTL 3, untuk mendapatkan pelatihan dan pemantapan kompetensi diagnosa.

Baca Juga: Boleh Enggak Sih Pilih Mekanik Saat Servis Motor di Bengkel Resmi?

ilustrasi servis di bengkel resmi AHASS
Astra Motor Yogyakarta
ilustrasi servis di bengkel resmi AHASS


Untuk menjaga level mekanik setiap daerah sama, AHM melakukan kalibrasi kemampuan melalui program Technical Skill Contest.

Kompetisi diadakan dari tingkat regional, nasional, Asia, hingga level global.

General Manager Technical Service Division AHM, Kunsala Krishna menyebutkan, berbagai ajang kompetisi ini, para teknisi AHASS memiliki standar kerja dan kualitas mumpuni dalam memberikan pelayanan perawatan dan perbaikan motor konsumen.
 
"AHASS sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda di Indonesia selalu siap melayani para konsumen sepeda motor Honda dalam melakukan perawatan dengan beragam layanan berkualitas," ucap Kunsala.

"Kami berharap layanan purna jual yang didukung para teknisi handal ini dapat memberikan solusi terbaik bagi para konsumen untuk menjaga performa sepeda motor agar selalu prima,” lanjutnya.

Honda Technical Skill Contest

Bicara soal Technical Skill Contest, mekanik AHASS asal Bandung, Jawa Barat, pernah menjadi juara dunia di level internasional.

Mekanik tersebut Mangsudin, yang berhasil menyabet gelar juara kedua pada ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023 di Bangkok, Thailand pada 23-24 Mei 2023.

Pria berusia 29 tahun ini berhasil menjadi juara dua di kategori motor regular, mengalahkan peserta lain dari 10 negara Asia Oceania yaitu Indonesia, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan dan Pakistan.

Pada kompetisi ini, para teknisi Honda dituntut mampu menyelesaikan ujian teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, dan teknologi terbaru motor Honda.

Baca Juga: Tak Cuma Servis Berkala, Inilah 7 Layanan Servis yang Dimiliki AHASS

Selain itu pada ujian praktik, peserta ditantang untuk menyelesaikan materi uji perawatan sepeda motor, serta analisa teknis dan trouble shooting sepeda motor Honda.

Lewat prestasi ini, Masngudin berkesempatan mewakili Asia & Ocenia di ajang kompetisi tingkat global, yaitu Honda Global Technician Contest 2023 di Jepang pada Oktober 2023 mendatang.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa