Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komunitas Motor Ikut Kegiatan GERAM, Hapus Stiker dan Coretan di Rambu Lalu Lintas

Naufal Shafly - Sabtu, 23 September 2023 | 15:55 WIB
Gerakan Peduli Rambu (GERAM) yang diikuti sejumlah komunitas motor.
Naufal/GridOto.com
Gerakan Peduli Rambu (GERAM) yang diikuti sejumlah komunitas motor.

GridOto.com - OTOMOTIF Group KG Media menggelar kegiatan bertajuk Gerakan Peduli Rambu (GERAM), di Pondok Pinang, Jakarta Selatan pada Sabtu (23/9/2023).

Sesuai namanya, GERAM merupakan kegiatan sosial membersihkan rambu lalu lintas, yang diikuti oleh sejumlah perwakilan komunitas motor.

Adapun komunitas motor yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah CBR Riders Jakarta, Honda Supra Jakarta, Honda Vario Club Jakarta, PCX Association Jakarta, serta BeAT Indonesia Jakarta.

Menurut Panji Maulana, Pemimpin Redaksi Tabloid OTOMOTIF sekaligus Redaktur Pelaksana GridOto.com, aksi sosial ini didasari oleh meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas oleh komunitas motor dalam acara GERAM.
Naufal/GridOto.com
Kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas oleh komunitas motor dalam acara GERAM.


"Berdasarkan data Polda Metro Jaya, periode Januari sampai Agustus 2023 terjadi peningkatan laka lantas sebesar 43 persen dibanding periode yang sama tahun 2022," ucap Panji, Sabtu (23/9/2023).

Rinciannya, pada Januari-Agustus 2023 terjadi 8.254 kasus kecelakaan yang menyebabkan 443 orang meninggal dunia.

Sedangkan pada periode Januari-Agustus 2022 terjadi 6.707 kasus dan menyebabkan 452 orang meninggal dunia.

Dari banyaknya kasus kecelakaan tersebut, salah satu faktor yang dapat mengakibatkan kecelakaan adalah rambu lalu lintas yang tidak terlihat jelas.

"Faktornya cuma karena rambu lalu lintas tersebut kotor, rusak, roboh atau tertutup ranting pohon dan sebagainya," kata Panji.

Baca Juga: Mengenal Peranti Safety 3M Terkait Reflective Light Penunjuk Lalin

Pembersihan rambu lalu lintas oleh komunitas motor pada kegiatan GERAM.
Naufal/GridOto.com
Pembersihan rambu lalu lintas oleh komunitas motor pada kegiatan GERAM.


Padahal fungsi rambu lalu lintas itu penting, yakni sebagai pemberi informasi atau petunjuk kepada pengendara dan pengguna jalan.

"Kalau informasi tersebut tidak bisa terlihat atau terbaca, jelas akibatnya bisa fatal dan bisa mengakibatkan kecelakaan," jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, anggota komunitas yang hadir terlihat antusias saat membersihkan rambu lalu lintas.

Berbekal sikat, air, thinner, dan pisau scrap (kape), para anggota komunitas berusaha sebaik mungkin membersihkan rambu dari kotoran, stiker, ataupun coretan vandalisme.

Kegaiatan Gerakan Peduli Rambu (GERAM)
Naufal/GridOto.com
Kegaiatan Gerakan Peduli Rambu (GERAM)

Muhammad Isa, salah satu peserta dari komunitas Honda Vario Club Jakarta mengatakan senang dengan kegiatan ini.

"Kegiatan ini bagus, secara tidak langsung kami jadi sadar betapa pentingnya rambu lalu lintas di jalan raya," ucap Isa.

Hal senada juga diungkapkan Hafiz Farizi dari komunitas BeAT Indonesia Jakarta, yang mengaku antusias mengikuti kegiatan ini.

"Seru sih, dapat pengalaman baru juga membersihkan rambu yang tadinya kotor, banyak coretan dan stiker lalu dibersihkan. Lalu saya jadi lebih peduli dan sadar juga sih soal pentingnya rambu," kata Hafiz.

Dalam kegiatan yang didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ini, penyelenggara turut memberikan hadiah untuk komunitas terkompak dan komunitas dengan postingan Instagram Story paling menarik.

Honda Vario Club Jakarta berhasil menyabet gelar komunitas terkompak, sedangkan untuk kompetisi Instagram Story dimenangkan oleh BeAT Indonesia Jakarta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa