Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Catalunya 2023

Kebaikan Masa Lalu Honda dan Yamaha Jadi Alasan Dorna Sports Ngotot Upayakan Hak Konsesi di MotoGP 2024

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 1 September 2023 | 13:00 WIB
Dorna Sports ngotot ingin memberikan hak konsesi MotoGP, karena kebaikan masa lalu Honda dan Yamaha
MotoGP.com
Dorna Sports ngotot ingin memberikan hak konsesi MotoGP, karena kebaikan masa lalu Honda dan Yamaha

GridOto.com - Sebagian penggemar mungkin bertanya-tanya, kenapa Dorna Sports sangat ngotot ingin memberikan hak konsesi MotoGP kepada Honda dan Yamaha.

Alasannya sederhana, Dorna Sports ingin membalas kebaikan masa lalu Honda dan Yamaha, yang berjasa besar membuat MotoGP sebesar sekarang ini.

Perlu diketahui bahwa pada sekitar sedekade silam, Honda dan Yamaha juga memberikan bantuan serupa hak konsesi MotoGP kepada Ducati.

Saat itu Ducati yang kesulitan menang, mendapat konsesi dengan turun ke program 'Open Class', yang tentu dari izin dari dua raksasa Jepang tersebut.

Sejak itu tim Borgo Panigale mendapat banyak keuntungan teknis dari alokasi mesin, jatah tes, hingga akhirnya bisa pelan-pelan kompetitif.

Honda dan Yamaha juga lah, yang memberikan lampu hijau diberikannya hak konsesi untuk Aprilia, KTM dan Suzuki, saat masuk ikut berkompetisi di MotoGP beberapa tahun silam.

Duo Jepang tersebut bisa saja mempersulit usulan hak konsesi tersebut, namun tidak dilakukan demi menaikkan nilai MotoGP itu sendiri.

"Akan ada perubahan. Konsesi ini sudah pernah dilakukan, saat Ducati tidak bisa menang," kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, dilansir GridOto.com dari Marca.

"Kemudian Yamaha dan Honda juga bermurah hati membiarkan pabrikan yang baru masuk mendapatkan beberapa keuntungan," jelas Ezpeleta.

Baca Juga: Jalani Homologasi Dadakan Seperti Sirkuit Mandalika, Pelaksanaan MotoGP India 2023 Masih Diragukan

Editor : Panji Maulana
Sumber : Marca.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa