Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Uji Komparasi 4 Bahan Bakar Oktan 92, Mana yang Lebih Efisien dan Worth It?

Fathia Yasmine - Rabu, 9 Agustus 2023 | 11:31 WIB
Ilustrasi BBM vs harga
DOK. Shutterstock
Ilustrasi BBM vs harga

GridOto.com – Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan guna meningkatkan performa tunggangannya. Khususnya, pengguna mobil. 

Salah satu cara yang paling murah dan simpel adalah menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Kandungan BBM dengan RON yang sesuai mampu membuat mesin bekerja lebih optimal, meningkatkan efisiensi bahan bakar, hingga konsumsi BBM lebih irit.

Selain itu, BBM jenis ini juga kerap mengandung bahan kimia tambahan untuk membantu menjaga kualitas mesin dan mengurangi risiko kerusakan pada mesin akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Di lapangan sendiri, cukup banyak produsen BBM yang ikut menjual BBM beroktan tinggi dengan harga terjangkau. Salah satunya, Pertamina dengan produk Pertamax 92, British Petroleum (BP) dengan produk BP 92, Vivo dengan produk Revvo 92, dan Shell dengan produk Shell Super 92.

Untuk membuktikan klaim di atas, khususnya terkait konsumsi BBM, GridOto berinisiatif untuk mencoba keempat produk menggunakan Toyota Innova G 2.0 MT 2022.

Hingga artikel ini ditulis, keempat produk BBM dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Pertamax 92 seharga Rp 12.400 per liter, BP 92 seharga Rp 12.920 per liter, Vivo Revvo 92 seharga Rp 13.087, dan Shell Super 92 dengan harga Rp 13.280 per liter.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode last fuel running, yakni tangki mobil dikosongkan, lalu diisi dengan bensin yang ingin diuji. Selanjutnya, tangki BBM diisi dengan masing-masing produk sebanyak lima liter.

Untuk menentukan performa keempatnya, GridOto melakukan uji road test di rute tol Trans Jawa dengan start di rest area KM 57. Mobil pun dilajukan dengan kecepatan rata-rata (average speed) yang sama yang ada di 72 km/ jam.

Hasilnya, Pertamina Pertamax 92 mengantongi jarak tempuh 67,2 kilometer dan Shell Super 92 dengan jarak tempuh yakni 68 kilometer. Selanjutnya, BP 92 mengantongi jarak tempuh 63,5 kilometer dan Revvo 92 dengan jarak tempuh 62,5 kilometer.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa