Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anak Kecil Tertabrak Mobil Saat Main Sepeda Listrik, Pabrikan Buka Suara

Wisnu Andebar - Kamis, 27 Juli 2023 | 19:45 WIB
Jajaran sepeda listrik Yadea
Farhan
Jajaran sepeda listrik Yadea

GridOto.com - Belakangan ini ramai penggunaan sepeda listrik di jalan raya, termasuk dilakukan juga oleh anak di bawah umur.

Parahnya tindakan ini sampai memakan korban jiwa, yakni seorang anak kecil pengendara sepeda listrik yang ditabrak mobil boks.

Kejadian nahas tersebut beredar di media sosial diunggah akun Instagram @mksinfo.official pada Rabu (27/7/2023), anak kecil pengendara sepeda listrik itu sudah dalam kondisi tidak bernyawa saat dievakuasi kerabatnya.

Marketing Manager PT Indomobil Emotor Internasional (Yadea), Benny Lee, pun memberi tanggapan atas hal ini.

Menurutnya, penggunaan sepeda listrik sejatinya telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

"Usia minimal untuk mengoperasikan sepeda listrik adalah 12 tahun dan dalam hal ini perlu pengawasan dari dewasa," ujar Benny kepada GridOto.com, Kamis (27/7/2023).

"Jadi kalau anak kecil yang meninggal karena tertabrak kendaraan saat menggunakan sepeda listrik, tentunya akibat kurang pengawasan dari orang dewasa khususnya orang tua yang harus lebih memberi perhatian," sambungnya.

tangkap layar kejadian seorang anak kecil pengendara sepeda listrik meninggal dunia ditabrak mobil boks di jalan raya.
Instagram/mksinfo.official
tangkap layar kejadian seorang anak kecil pengendara sepeda listrik meninggal dunia ditabrak mobil boks di jalan raya.


Benny juga menambahkan kalau penggunaan sepeda listrik tidak boleh asal dan harus tetap memerhatikan safety equipment seperti helm.

"Penggunaannya pun sesuai dengan pasal 5 harus dioperasikan pada lajur khusus dan atau kawasan tertentu," jelasnya.

Baca Juga: Anak Kecil Naik Sepeda Listrik Meninggal Ditabrak Mobil Boks, Netizen Ingatkan Bahayanya

Sekadar info, Yadea yang merupakan merek asal China menyediakan tiga model motor listrik serta empat model sepeda listrik yang dijual di Indonesia.

Untuk motor listrik, terdapat Yadea G6 yang dibanderol Rp 29,35 juta, kemudian Yadea E8s Pro Rp 23,9 juta, dan Yadea T9 Rp 21,5 juta

Sedangkan untuk model sepeda listrik yaitu Yadea Sparta harganya Rp 9,9 juta, lalu Yadea Dingding Rp 6,95 juta, Yadea Minio Rp 10,6 juta, dan Yadea X-Bull Rp 10,6 juta.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa