Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa di Dekat Lubang Tangki Bensin Motor Ada Cekungan? Ini Fungsinya

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 25 Juli 2023 | 14:30 WIB
Penampakan cekungan yang ada di dekat lubang tangki bensin Honda Vario.
Dok. GridOto.com
Penampakan cekungan yang ada di dekat lubang tangki bensin Honda Vario.

GridOto.com - Lubang tangki bensin motor biasanya dikelilingi cekungan yang posisinya lebih dalam dari drat tutup tangki bahan bakar.

Cekungan di sekeliling lubang tangki bensin ini umumnya ditemui di motor jenis bebek dan motor matic.

Detail kecil seperti cekungan yang berada di sekeliling lubang tangki bensin motor memang kesannya sepele, namun ternyata punya fungsi penting.

Menurut Ahmad Matin, yang saat diwawancarai beberapa waktu lalu menjabat Kepala Mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan, cekungan tersebut memliki 2 fungsi.

“Pertama fungsinya pada saat proses isi bensin berlangsung, seandainya terisi kepenuhan maka bensin enggak bakal berceceran ke bodi motor,” jelas Ahmad kepada GridOto.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kelebihan bensin tersebut bakal tertampung dan langsung mengalir menuju  lubang slang pembuangan di tangki bahan bakar.

Selain cat bodi motor lebih terlindungi dari bensin, tentu menyangkut faktor safety karena terhindar dari peluang bahan bakar tersulut panas mesin yang bisa menyebabkan kobaran api.

“Selain itu, kemungkinan air masuk lewat celah tutup tangki juga bisa dikurangi. Sehingga lebih aman saat cuci motor atau terkena hujan,” tambahnya.

Nah makanya kalau ada bensin atau air menggenangi sekitar tutup tangki, bakal ada cairan yang menetes di bagian bawah motor.

Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu, Fungsi Fitur Rahasia di Balik Tutup Tangki Yamaha NMAX Terbaru

Cairan yang mengucur ke bawah itu adalah cairan yang tertampung di cekungan sekitar tutup tangki, lalu dialirkan ke bawah melalui slang pembuangan.

“Apabila cairan tetap tergenang di bagian cekungan, kemungkinan lubang pembuangan tersumbat kotoran, sehingga perlu diperiksa dan dibersihkan,” pungkasnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa