Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Penasaran, Ternyata Ini Alasan Posisi Tangki BBM Mobil Ada di Sisi Kiri dan Kanan

Wisnu Andebar - Rabu, 19 Juli 2023 | 17:05 WIB
Ilustrasi lubang tangki BBM mobil
Wisnu/GridOto.com
Ilustrasi lubang tangki BBM mobil

GridOto.com - Jika diperhatikan lebih detail, Letak lubang tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) di mobil memiliki posisi yang berbeda-beda.

Sebagian mobil dirancang dengan posisi lubang tangki BBM di sebelah kiri, namun ada juga yang ditempatkan di sebelah kanan bodi.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, pun memberikan penjelasannya.

Menurut Bambang, peletakan lubang tangki BBM mobil di kanan atau kiri sejatinya tidak ada regulasi khusus yang mengatur, dan diserahkan sepenuhnya kepada produsen mobil.

Kendati demikian, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan akan ditaruh di mana posisi lubang dan tangki BBM pada mobil.

"Penentuan kanan dan kiri ini ditentukan dari pembuatan layout mobil, mulai dari penggeraknya depan atau belakang, transmisi, bobotnya, hingga posisi muffler (knalpot)," kata Bambang kepada GridOto.com belum lama ini.

Ia menjelaskan, desain layout tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap center of gravity alias titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan.

"Setiap komponen kan punya bobot yang berbeda-beda, oleh karena itu penempatan suatu komponen menjadi faktor penting agar mobil dapat seimbang," terang Bambang.

Pertimbangan lainnya, untuk alasan keselamatan posisi tutup tangki biasanya berlawanan dengan posisi muffler guna menghindari hawa panas.

Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu, Dari SIni Air Masuk Ke Tangki Motor Sport

"Misalnya muffler di kiri, sebisa mungkin tangki BBM akan ditaruh di kanan. Tapi kalaupun sama-sama di kiri maka akan ada proteksi tambahan antara tangki dan muffler," jelasnya.

Lebih lanjut, untuk mengetahui letak posisi lubang tangki BBM mobil di kiri atau di kanan, biasanya terdapat indikator di panel metercluster.

Tanda panah menunjukkan posisi lubang tangki BBM mobil
Wisnu/GridOto.com
Tanda panah menunjukkan posisi lubang tangki BBM mobil


"Kalau dilihat ada gambar seperti dispenser di SPBU dan tanda panah yang mengarah ke kanan atau kiri," ucapnya.

Ia menjelaskan, jika panahnya mengarah ke kanan, berarti lubang tangki BBM mobil ada di kanan, begitu juga sebaliknya.

"Dengan begitu, sopir tidak perlu melihat kaca spion atau turun dari mobil hanya untuk memastikan letak tutup tangkinya," pungkas Bambang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa