Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepi Peminat, Mitsubishi Xpander Varian Ini Bakal Disuntik Mati?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 30 Juni 2023 | 14:15 WIB
Mitsubishi Xpander Sport rumornya bakal disuntik mati akibat sepi peminat.
Aries Aditya
Mitsubishi Xpander Sport rumornya bakal disuntik mati akibat sepi peminat.


GridOto.com - Kabar mengejutkan datang dari Mitsubishi Xpander, dengan varian ini rumornya bakal disuntik mati alias tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

Varian yang dimaksud adalah Xpander Sport, informasi tersebut GridOto dapatkan dari salah satu Pramuniaga dealer Mitsubishi di sekitaran Jakarta.

Harga yang terpaut tipis dengan Mitsubishi Xpander Ultimate atau varian tertingginya, pun disinyalir jadi penyebab sepinya peminat untuk varian menengah ini.

“Mau discontinue (suntik mati). Enggak banyak yang mau beli varian Sport, orang banyak pilih yang Ultimate,” ujar salah satu Pramuniaga dealer Mitsubishi yang identitasnya dirahasiakan.

Sebagai informasi, Mitsubishi Xpander varian Sport dihadirkan sebagai opsi sekaligus untuk mengisi gap antara Ultimate dan Exceed yang harganya terpaut jauh.

Adapun Mitsubishi Xpander varian Sport tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni otomatis CVT yang dibanderol Rp 309,5 juta dan manual (MT) seharga Rp 294,85 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Mitsubishi Xpander Sport dengan pelek 16 inci
Aries Aditya
Mitsubishi Xpander Sport dengan pelek 16 inci

Jika dibandingkan dengan varian tertinggi atau Mitsubishi Xpander Ultimate yang dibanderol Rp 312,9 juta OTR DKI Jakarta, selisih harganya cuma Rp 3 jutaan.

Dengan selisih harga yang terpaut tipis, konsumen bisa mendapatkan fitur cruise control, grille dan cover spion yang sudah dibalut chrome, serta velg two-tone 17 inchi yang absen di varian Sport.

Lanjut ngomongin soal penjualan, rasanya kurang afdol kalau tidak mengutip data wholesales yang dibagikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Baca Juga: Simulasi Kredit Mitsubishi Xpander Juni 2023, Ada DP Ringan Hingga Tenor Lima Tahun

Berdasarkan data GAIKINDO, Mitsubishi Xpander varian Sport hanya terdistribusi dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 505 unit selama periode Januari hingga Mei 2023.

Untuk detailnya, sebanyak 157 unit wholesales buat yang bertransmisi otomatis CVT dan 348 unit menggunakan transmisi manual.

Apabila dibandingkan angka wholesales Mitsubishi Xpander varian Ultimate yang mencapai 5.658 unit, bisa dikatakan pencapaian tersebut sangat rendah.

Begitu juga jika dibandingkan Mitsubishi Xpander Exceed atau varian satu tingkat di bawahnya, dengan berhasil terdistribusikan ke dealer sebanyak 2.310 unit untuk periode yang sama.

Kendati demikian, Pramuniaga tersebut menuturkan bahwa konsumen masih bisa melakukan pemesana untuk Mitsubishi Xpander varian Sport, dengan potongan harga atau diskon menarik.

“Diskon Rp 10 juta untuk Xpander Sport, baik itu yang beli secara kredit maupun tunai,” pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa