Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Swap Baterai dan Layanan Purnajual Motor Listrik Electrum Bakal Ada di Planet Ban

Wisnu Andebar - Sabtu, 24 Juni 2023 | 10:50 WIB
Swap baterai motor listrik Electrum bakal tersedia di Planet Ban
Wisnu/GridOto.com
Swap baterai motor listrik Electrum bakal tersedia di Planet Ban

GridOto.com - Motor listrik Electrum akan menggandeng beberapa mitra strategis untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik, salah satunya dengan Planet Ban.

Melalui penandatangan nota kesepahaman, Planet Ban nantinya akan menjadi tempat untuk penempatan Battery Swap Station (BSS).

Di samping itu, ratusan outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta juga akan menjadi layanan purnajual motor listrik Electrum.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir mengatakan, bahwa pemerintah telah menargetkan agar dapat memproduksi sembilan juta motor listrik pada 2030, yang juga sejalan dengan Indonesia net-zero emission pada 2060.

“Untuk itu, kami berkomitmen mendukung target pemerintah menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik," ujar Pandu di Cikarang, Jumat (23/6/2023).

Electrum, yang merupakan perusahaan patungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk, juga telah membangun pabrik motor listrik di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dibangun di lahan seluas tiga hektar, pabrik motor listrik Electrum diklaim memiliki kapasitas produksi sampai 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, serta trek pengujian.

Dibangun dengan konsep green factory dengan energy management system, waste management system dan water treatment, pabrik ini ditargetkan akan rampung dan memulai produksi pada 2024.

“Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik, baik secara mandiri maupun bermitra untuk meningkatkan akses kendaraan listrik roda dua,” pungkas Pandu.

Baca Juga: Pabrik Motor Listrik Electrum Mulai Dibangun di Cikarang, Hasil Kolaborasi GoTo dan TBS

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa