Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Pabrik Motor Listrik Electrum Mulai Dibangun di Cikarang, Hasil Kolaborasi GoTo dan TBS

Wisnu Andebar - Jumat, 23 Juni 2023 | 14:50 WIB
Seremoni peletakan batu pertama pabrik motor listrik Electrum
Wisnu/GridOto.com
Seremoni peletakan batu pertama pabrik motor listrik Electrum

GridOto.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berkolaborasi dengan PT TBS Energi Utama Tbk membangun pabrik motor listrik yang diberi nama Electrum di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Adapun seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama dilakukan pada hari ini, Jumat (23/6/2023), sebagai tanda dimulainya pembangunan pabrik motor listrik Electrum.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir, mengatakan groundbreaking ini merupakan bukti kesiapan Electrum dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik roda dua dalam negeri.

“Kami berkomitmen mendukung target pemerintah menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik," ujar Pandu di Cikarang, Jumat (23/6/2023).

"Selain mendukung secara konkret target pemerintah dalam memproduksi sembilan juta motor listrik pada 2030, hal ini juga sejalan untuk Indonesia net-zero emission 2060," sambungnya.

Dibangun di lahan seluas tiga hektar, pabrik motor listrik Electrum diklaim memiliki kapasitas produksi sampai 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, serta trek pengujian.

Miniatur pabrik motor listrik Electrum ketika sudah jadi
Wisnu/GridOto.com
Miniatur pabrik motor listrik Electrum ketika sudah jadi


Dibangun dengan konsep green factory dengan energy management system, waste management system dan water treatment, pabrik ini ditargetkan akan rampung dan memulai produksi pada 2024.

Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, mengungkapkan pembangunan pabrik Electrum merupakan langkah besar GoTo mencapai target Nol Emisi dengan transisi armada menjadi kendaraan listrik secara penuh pada 2030.

Baca Juga: GoRide Electric Banjir Peminat, Uji Coba Komersial Motor Listrik Electrum Tembus Empat Juta Kilometer

Sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta, pihaknya telah menghadirkan berbagai kemajuan serta melihat besarnya antusiasme serta sambutan positif dari mitra pengemudi dan konsumen.

"Penggunaan motor listrik membantu mitra pengemudi kami mengurangi biaya operasional, dengan meniadakan biaya bahan bakar dan penggantian oli transmisi. Konsumen pun mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dari kendaraan listrik tersebut," tuturnya.

Motor listrik Electrum
Wisnu/GridOto.com
Motor listrik Electrum


Sebelumnya, Electrum telah melakukan uji coba tahap pertama kendaraan listrik roda dua pada awal 2022.

Uji coba motor listrik Electrum melalui mitra pengemudi Gojek melalui layanan GoRide Electric, melampaui jarak tempuh sembilan juta kilometer dengan total 500 unit motor listrik yang diuji coba.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur TBS, Juli Oktarina menyampaikan komitmen TBS Energi melalui Electrum untuk mendukung transisi energi berkelanjutan.

"Pembangunan ekosistem motor listrik Electrum ini juga menciptakan dampak jangka panjang dan multilayer yang mampu menyerap lapangan pekerjaan baru di bidang energi baru dan terbarukan," tutup Juli.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa