Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Begini Dampaknya Buat Kesehatan Para Bikers

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 12 Juni 2023 | 15:05 WIB
Kualitas udara di Jakarta makin buruk, dampaknya buat kesehatan para bikers bikin bergidik.
Pradana
Kualitas udara di Jakarta makin buruk, dampaknya buat kesehatan para bikers bikin bergidik.

GridOto.com - Buruknya kualitas udara di Jabodetabek khususnya DKI Jakarta tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini.

Terutama setelah laporan situs perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss yaitu IQAir, memberitakan bahwa kualitas udara di Jakarta adalah yang terburuk di dunia pada 6 Juni 2023 lalu.

Dari laporan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, emisi gas buang kendaraan dari transportasi yang padat dan aktivitas industri menjadi dua penyumbang besar polusi udara selama 2022.

Polusi tersebut tentu berdampak pada rendahnya angka harapan hidup warga Jakarta dan sekitarnya, karena udara di lingkungan rentan menimbulkan penyakit.

Tidak terkecuali bagi para pengguna jalan, utamanya pejalan kaki dan pengendara motor yang terpapar langsung oleh berbagai polutan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kartini Rustandi, selaku Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan, menyampaikan jika angka harapan hidup menurun atau rendah, risiko kematian masyarakat berusia muda jadi tinggi.

"Dulu orang tua yang meninggal karena sakit biasanya umurnya 70 tahunan ke atas, sekarang umur 40 saja sudah banyak. Hal ini menunjukkan angka harapan hidup dan kepedulian akan kesehatan masih rendah," kata Kartini beberapa waktu lalu.

Buruknya kualitas udara atau polusi bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti asma, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), bronkitis, stroke, jantung, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), hingga kanker paru-paru.

Kartini mengungkapkan, pihaknya dan BPTJ terus berusaha untuk menggeser pola pergerakan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi publik.

Baca Juga: Dibilang Bebas Emisi, Benarkah Mobil Listrik Hanya Memindahkan Polusi?

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa