Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dapat Apresiasi Menhub, Motor Konversi Ini Bakal Dibawa ke Acara Vespa World Day 2023

M. Adam Samudra - Selasa, 6 Juni 2023 | 07:30 WIB
Konversi motor bensin ke listrik
Menhub
Konversi motor bensin ke listrik

GridOto.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh PT. Roda Elektrik Asia (Elders Garage) yang membuat skuter listrik hasil konversi.

Apresiasi Menhub ditunjukkan dengan menandatangani secara langsung skuter hasil konversi dari Elders Garage, salah satu pengelola bengkel konversi motor konvensional ke listrik yang sudah tersertifikasi.

Skuter listrik limited edition ini merupakan hasil kolaborasi antara Elders Garage dengan Motolino, dealer Vespa terbesar yang ada di Swiss.

Usai ditandatangani oleh sejumlah Menteri, skutik listrik tersebut nantinya akan dibawa ke acara Vespa World Day 2023.

Sebuah pertemuan tahunan klub vespa dunia ini akan berlangsung di Interlaken, Swiss pada 15-18 Juni 2023 mendatang.

Diprediksi sekitar 4.000 hingga 6.000 penggemar Vespa dari berbagai belahan dunia, akan berkumpul dan melakukan touring bersama.

“Kreativitas dari para pelaku UKM yang ada di Indonesia, seperti Elders Garage ini luar biasa. Apabila ini menjadi satu keahlian maka nilai tambah yang diperoleh itu luar biasa tinggi sekali," kata Budi, Senin (5/6/2023).

"Saya pikir produknya untuk dijual di Indonesia saja, ternyata juga ekspansi untuk ekspor ke Eropa. Jadi patut kita dukung penuh,” sambungnya.

Baca Juga: Mulai Rp 5 Jutaan, Ini Pilihan Baterai Buat Motor Listrik Konversi

Ia pun berpesan kepada para pelaku UKM yang bergerak di bidang otomotif, untuk mencontoh apa yang dilakukan oleh Elders Garage.

Adapun pesan yang dimaksud, yaitu dengan menggandeng pelaku industri lebih besar agar bisa memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

“Kalau produk ini bisa dibuat massal, maka akan lebih ekonomis harganya,” ucap Budi.

Budi juga berharap Elders Garage dapat menularkan semangat kepada anak-anak muda pelaku usaha di bidang otomotif lainnya, untuk berani mengeluarkan ide kreatif di bidang kendaraan ramah lingkungan menuju pasar global.

Pihaknya pun mendorong sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah, pelaku industri otomotif serta masyarakat, dalam upaya membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sebagai informasi, Skuter listrik hasil konversi ini telah di uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), dengan spesifikasi kendaraan berkapasitas mesin 110cc, dengan daya baterai mencapai 3000 watt.

Pengujiannya meliputi pemeriksaan kelaikan sistem penggerak motor listrik dan pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik.

Sebagai pelopor produsen motor listrik hasil konversi, Elders Garage terkenal dengan salah satu model konversi Vespa klasik yang dinamai Elettrico.

Program konversi kendaraan listrik baik motor maupun mobil dan jenis kendaraan lainnya, merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Kemenhub telah mengeluarkan sejumlah regulasi, salah satunya yaitu Permenhub No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, dimana diatur sejumlah syarat dan kriteria untuk dapat ditetapkan sebagai bengkel konversi resmi.

Tercatat jumlah sepeda motor hasil konversi berdasarkan jumlah Sertifikat Uji Tipe dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe yang terbit per 12 Mei 2023 yaitu 178 unit.

Hingga saat ini terdapat 24 bengkel konversi sepeda motor yang telah tersertifikasi dan 10 bengkel konversi selain sepeda motor.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa