Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Baru 2023

Toyota Yaris Cross Diduga Kuat Meluncur Hari Ini, Yakin Mau Lawan Honda HR-V dan Hyundai Creta?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 15 Mei 2023 | 08:05 WIB
Peluncuran mobil baru Toyota secara world premiere di Indonesia hari ini, diduga kuat Yaris Cross.
pdki-indonesia.dgip.go.id
Peluncuran mobil baru Toyota secara world premiere di Indonesia hari ini, diduga kuat Yaris Cross.

GridOto.com - Tinggal hitungan jam hingga akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil terbarunya di Indonesia, diduga kuat merupakan Yaris Cross.

Menyandang status world premiere, bisa dipastikan calon mobil baru Toyota ini merupakan produksi dalam negeri yang nantinya dipasarkan ke negara lain.

Begitu juga Yaris Cross versi Indonesia merupakan model terbaru Toyota untuk pasar ASEAN, alias belum pernah diluncurkan sebelumnya di negara manapun.

Mungkin hanya penamaannya saja yang terdengar familiar, mengingat nama Yaris Cross sudah digunakan untuk salah satu SUV Crossover di pasar Jepang dan Eropa.

Berdasarkan penuturan salah satu sumber terpecaya GridOto, Toyota Yaris Cross yang sebentar lagi meluncur bakal dipersenjatai sasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Disebutkan juga calon mobil baru Toyota tersebut akan mengisi segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas berkonfigurasi dua baris.

Menariknya lagi, tersedia opsi varian Hybrid dan Internal Combustion Engine (ICE) yang bermain di rentang harga mulai Rp 300 jutaan hingga Rp 400 juta kecil.

"Desainnya kalau dari luar sih kayak Yaris (hatchback) tapi dibentuk tinggi, dua baris dan yang pasti kodenya B-SUV," ujar sumber terpecaya GridOto yang identitasnya dirahasiakan beberapa waktu lalu.

“Harga di atas Rp 300 juta dan itu varian baru, bukan menggantikan model yang ada saat ini," pungkasnya.

Baca Juga: Undangan Peluncuran Resmi Disebar, Sinyal Toyota Yaris Cross Bakal Menyapa Indonesia Pekan Depan?

Melihat bocoran harga tersebut, dapat dipastikan calon ‘icon of urban cruiser’ Toyota  ini bakal diposisikan di atas Raize yang mengisi segmen Small SUV.

Bahkan, sumber terpecaya GridOto lainnya menyebut Toyota Yaris Cross sebagai ‘baby RAV4’, siap menantang Honda HR-V dan Hyundai Creta sebagai rival.

Faktor utamanya adalah harga, mengingat ketiganya mengincar karakteristik konsumen dari ceruk pasar yang sama.

Honda HR-V dan Hyundai Creta digadang-gadang akan menjadi rival dari Toyota Yaris Cross
Tim grafis GridOto.com
Honda HR-V dan Hyundai Creta digadang-gadang akan menjadi rival dari Toyota Yaris Cross

Sekaligus sebagai upaya Toyota untuk meramaikan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) berbodi kompak, yang bisa dikatakan sedang naik daun dan cukup banyak peminatnya di Tanah Air.

Bisa dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), selama April 2023 kemarin segmen tersebut membukukan wholesales 2.562 unit.

Adapun Honda HR-V tampil sebagai yang terlaris dengan terdistribusi dari pabrik ke dealer (wholesales) 1.016 unit.

Sementara Hyundai Creta membuntuti di posisi kedua SUV Compact terlaris, lewat wholesales 509 unit selama periode tersebut.

Kira-kira, apa yang akan menjadi modal Toyota Yaris Cross untuk mengarungi kerasnya persaingan di Tanah Air?

Tentu yang pertama dan paling utama adalah tersedianya opsi Hybrid, lantaran calon rivalnya belum ada yang menyematkan varian berteknologi elektrifikasi tersebut.

Baca Juga: Mobil Baru Toyota Yaris Cross Kini Ada Versi GR Sport, Tampil Sporty!

Bahkan, Toyota Yaris Cross juga bisa dijadikan ‘gimmick’ sebagai model Hybrid termurah dari pabrikan berlogo triple elipse yang dijual di Tanah Air.

Untuk informasi terkait spesifikasi mesin serta fitur, sejatinya masih tertutup rapat dan baru akan diumumkan pada saat peluncurannya nanti.

Namun, GridOto memprediksi Toyota Yaris Cross versi Indonesia nantinya akan dipersenjatai mesin berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc.

Sedangkan untuk varian Hybrid, bisa jadi menggunakan teknologi E-Smart Hybrid yang sempat dipamerkan lewat Daihatsu Rocky E-Smart Hybrid pada ajang GIIAS 2022 lalu.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa