Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

50 Persen Lebih Pemudik Belum Kembali ke Jakarta, Jangan Berangkat Hari Minggu kalau Tak Mau Kejebak Macet

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 28 April 2023 | 11:30 WIB
Kementerian Perhubungan menyebut 50 persen lebih kendaraan belum balik ke Jakarta pada H+4 Lebaran 2023.
Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Kementerian Perhubungan menyebut 50 persen lebih kendaraan belum balik ke Jakarta pada H+4 Lebaran 2023.

GridOto.com - Kementerian Perhubungan menyebut sekitar 55,8 persen kendaraan masih belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga Kamis (27/4/2023) atau H+4 Pasca Lebaran.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua.

Untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Keduanya juga melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

“Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” ujar Budi dalam keterangannya, Kamis (27/4/2023).

Budi mengatakan bahwa masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, sehingga masyarakat cenderung melakukan perjalanan balik pada hari Minggu atau Senin depan.

"Pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, juga akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika tidak diantisipasi," jelasnya.

Menhub juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari Kamis, Jumat, serta Sabtu (27 s.d. 29 April 2023) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen sebagai bentuk dukungan untuk memfasilitasi perjalanan balik masyarakat," bebernya.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2023, Jasamarga Berikan Tarif Tol Diskon 20 Persen Berlaku Mulai Hari Ini

Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol.

Editor : Dida Argadea
Sumber : Dephub.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa