Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2023

Tempuh 757 Km Selama 10 Hari HFD 2023, Konsumsi BBM Mazda2 Sedan Bikin Minder Citroen C3

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 28 April 2023 | 17:30 WIB
Mazda2 Sedan tempuh jarak hingga 757 Km selama 10 hari Holiday Fun Drive 2023
Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mazda2 Sedan tempuh jarak hingga 757 Km selama 10 hari Holiday Fun Drive 2023


GridOto.com - Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, inilah akhir cerita perjalanan Holiday Fun Drive (HFD) 2023 saya bersama Mazda2 Sedan.

Tidak hanya menghadirkan kenyamanan yang menjadi ciri khas sebuah sedan, Mazda2 Sedan juga berikan ketenangan usai menjelajah sejauh 757 km.

Ketenangan yang dimaksud, salah satunya adalah mengenai konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dicatatkan selama 10 hari HFD 2023.

Sesuai dengan prediksi, Mazda2 Sedan pun sukses bersaing di klasmen papan atas mobil teririt dalam ‘Battle of Fuel Efficiency’ yang menjadi tema di HFD 2023.

Bahkan sedan entry-level dari jenama otomotif asal Jepang ini, berhasil kalahkan Citroen C3 yang digadang-gadang menjadi kandidat terkuat untuk mengisi posisi tiga besar.

Berdasarkan hasil akhir yang tercatat di layar Multi Information Display (MID), konsumsi BBM rata-rata Mazda2 Sedan adalah 15 Km/liter dengan jarak tempuh sejauh 757 km.

Mazda2 Sedan meraih 15 Km/liter untuk konsumsi BBM rata-rata selama 10 hari HFD 2023
Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mazda2 Sedan meraih 15 Km/liter untuk konsumsi BBM rata-rata selama 10 hari HFD 2023

Sementara Citroen C3 harus puas dengan angka 14,5 Km/liter usai menempuh jarak 451,3 Km di HFD 2023.

Mungkin rasanya tidak adil jika membandingkan kedua mobil tersebut, mengingat secara segmentasi jauh berbeda.

Ditambah, kondisi lalu lintas serta rute yang saya lewati dengan Rayhan yang menjadi tester dari Citroen C3, pun berbeda arah selama HFD 2023.

Baca Juga: Holiday Fun Drive 2023 - Balikin Kilau Soul Red Crystal Mazda2 Sedan Pakai Quikvvash Autoglaze, Segini Biayanya

Namun balik lagi, di HFD 2023 semua tester ditantang untuk efisiensi BBM dengan memanfaatkan berbagai teknologi, fitur dan teknik mengemudi Eco Driving di mobil.

Sebagai gambaran, konsumsi BBM yang diraih Mazda2 Sedan ini merupakan hasil dari rute kombinasi, dengan kondisi jalan yang rata dan kebanyakan tanpa hambatan alias lancar.

Adapun mobilitas saya selama HFD 2023, lebih banyak dihabiskan di jalan perkotaan serta rute tol dari Tangerang menuju Serang dan Cilegon, Banten.

Mazda2 Sedan saat melintas di sekitaran ICE BSD City, Tangerang
Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mazda2 Sedan saat melintas di sekitaran ICE BSD City, Tangerang

Alhasil saya pun bisa mendapatkan konsumsi BBM rata-rata yang cukup baik dari Mazda2 Sedan, walau sesekali kaki saya ‘kurang disekolahkan’ untuk menguji akselarasinya.

Tentunya faktor lain yang tidak kalah penting dalam menjaga performa dan efisiensi Mazda2 Sedan selama HFD 2023, adalah pemilihan BBM berkualitas.

Sedan yang memiliki banderol Rp 344,4 juta on the road (OTR) Jakarta ini, selalu diberikan BBM jenis Pertamax dengan RON (Research Octane Number) 92 berstandar internasional.

Sehingga performa mesin 1.500 cc SKYACTIV-G yang disematkan jadi optimal, lebih ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu di ruang bakar mesin.

Mazda2 Sedan selalu diberi makanan bergizi yakni Pertamax dengan RON 92
Ermiel Zulfikar/GridOto
Mazda2 Sedan selalu diberi makanan bergizi yakni Pertamax dengan RON 92

Apalagi Pertamax dibekali formula aditif Pertamina Technology atau Pertatec, memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran di mesin sehingga lebih awet, menjaga dari karat, serta lebih efisien.

Namun jika dibandingkan dengan Suzuki Baleno, Mazda2 Sedan pun harus mengakui keunggulan dari rival saudara kandungnya di segmen hatchback.

Baca Juga: Nikmatnya Mazda2 Sedan Tenggak BBM Pertamax, Enggak Cepat ‘Haus’ Selama Lima Hari HFD 2023

Begitu juga dengan Honda WR-V RS yang tampil secara mengejutkan, dengan berhasil menduduki posisi tiga besar mobil teririt di HFD 2023.

Berdasarkan data akhir yang telah dikumpulkan tim tester GridOto pada Kamis (27/4/2023) malam, Suzuki Baleno catatkan konsumsi BBM rata-rata sebesar 15,8 Km/liter dengan jarak tempuh 1.095 Km.

Sementara Honda WR-V RS konsumsi BBM rata-ratanya lebih baik lagi, dengan 17,5 Km/liter untuk jarak tempuh 1.950 km yang tercatat di MID.

Kalau untuk jawaranya sih sudah tidak perlu diragukan lagi, yakni Nissan Kicks e-Power yang mencetak 18,6 Km/liter dengan jarak tempuh 855 Km.

Hal itu tidak lepas dari penggunaan teknologi elektrifikasi yang diaplikasikan Nissan lewat sistem hybrid seri.

Sehingga mesin hanya menjadi generator, apabila baterai mulai kehabisan daya untuk disalurkan ke motor listrik yang menjadi penggerak.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa