Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelah Viral, Kios Makanan di Rest Area Tol Cipali yang Getok Harga saat Arus Mudik Akhirnya Kena Sanksi

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 25 April 2023 | 10:09 WIB
Setelah viral menggetok harga dua porsi nasi ayam dan teh kemasan sebesar Rp 150 ribu kepada pemudik, kios makanan di Rest Area Tol Cipali dikenai sanksi. (foto ilustrasi)
TribunJabar.id/Ahman Imam Baehaqi
Setelah viral menggetok harga dua porsi nasi ayam dan teh kemasan sebesar Rp 150 ribu kepada pemudik, kios makanan di Rest Area Tol Cipali dikenai sanksi. (foto ilustrasi)

GridOto.com - Sempat viral cuitan seorang warganet yang mengaku digetok harga saat membeli dua porsi nasi ayam dan teh kemasan sebesar Rp 155 ribu di Rest Area Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat arus mudik Lebaran 2023.

Menindaklanjuti hal tersebut, PT Astra Tol Cipali sebagai pengelola Jalan Tol Cipali memberikan sanksi berupa penutupan sementara terhadap kios makanan di rest area KM 86 itu.

Hal ini dilakukan karena informasi biaya makanan di rest area Tol Cipali telah menggunakan sistem online melalui website Cipali86a.isellershop.com, yang mencantumkan harga, menu, dan pemesanan makanan yang harus diikuti.

"Sanksi yang kami berikan kepada pemilik kios, kami akan tutup sementara kios tersebut per Senin 24 April 2023," jelas Section Head Corporate Communication ASTRA Tol Cipali Asri Fajarwati Ridwan, dikutip dari Kompas.com pada Minggu (23/4/2023).

Asri berharap agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari, mengingat dengan adanya sistem pembayaran iseller, pengelola dapat memeriksa transaksi setiap tenant.

"Apabila publik atau pengunjung menemukan ketidaksesuaian harga dari aplikasi tersebut bisa langsung dilaporkan kepada kami," tambahnya.

Sebelumnya, kejadian ini bermula dari cuitan warganet bernama Sigit Widodo, yang mengeluhkan harga makanan yang mahal di rest area Km 86A Tol Cipali melalui akun twitternya @sigitwid pada Sabtu (22/4/2023).

Sigit memesan dua porsi nasi ayam dan teh dalam kemasan yang memakan biaya hingga Rp 155 ribu, sedangkan jika dihitung sesuai sistem pembayaran online, biaya makanan tersebut hanya sekitar Rp 100 ribu.

Setelah cuitan tersebut viral, pemilik kios menyampaikan permintaan maafnya melalui akun @devinur098 dan berjanji untuk memperbaiki sistem pembayaran dan pelayanan customer di warungnya.

Baca Juga: Beli Dua Porsi Ayam dan Teh di Rest Area Tol Cipali Digetok Rp 155 Ribu, Curhatan Pemudik Langsung Viral

Asri pun membenarkan bahwa kejadian tersebut terjadi di rest area Tol Cipali dan dilakukan oleh oknum penjaga kios.

"Kami telah mengkonfirmasi ke pemilik kios bahwa pemilik kios pun tidak mengetahui bahwa harganya dinaikan. Untuk hal ini, kami sebagai pengelola rest area akam memberikan sanksi kepada pemilik kios," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ditutup Sementara, Sanksi buat Kios Makanan di Rest Area Tol Cipali yang "Mainkan" Harga

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa