Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemudik Diminta Optimalkan Rest Area, Jangan Terlalu Lama Maksimal 30 Menit

M. Adam Samudra - Kamis, 20 April 2023 | 09:10 WIB
Polisi akan melakukan pengaturan di rest area untuk mencegah pemudik parkir di Jateng(foto ilustrasi)
Tribun Jateng
Polisi akan melakukan pengaturan di rest area untuk mencegah pemudik parkir di Jateng(foto ilustrasi)

GridOto.com - Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), M. Basuki Hadimuljono, dan pihak Jasamarga meninjau arus mudik di Rest Area Travoy Km 379A dan Km 389B Jalan Tol Batang-Semarang.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Jasamarga Related Business (JMRB), Dian Takdir mengatakan, dalam melayani arus mudik Lebaran tahun ini, Jasamarga juga telah menyiapkan pelayanan di rest area.

"Berdasarkan diskresi Kepolisian, peraturan maksimal 30 menit di setiap kunjungan," imbuh Dian melalui keterangan resmi, Rabu (19/4/2023).

Menurutnya, kapasitas dari Rest Area KM 379A difungsikan secara optimal untuk kendaraan pribadi saat arus mudik.

Ia menyebut Rest Area KM 379A bisa menampung hingga 600 mobil.

“Karena ini truk sudah enggak beroperasi dan bus juga jarang, kami mengoptimalkan untuk memfasilitasi mobil pribadi yang masuk ke sini. Di Rest Area KM 379A kapastiasnya menampung 600 kendaraan,” jelasnya.
 
Ia menambahkan, sudah bekerja sama dengan Pertamina untuk mengamankan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) hingga 12.000 liter untuk satu modular sehari.
 
Baca Juga: Begini Cara Karyawan Rest Area Tol dan Pedagang Masuk ke Tempat Kerjanya, Ternyata Enggak Harus Bawa Mobil

“Per hari kami sudah minta Pertamina untuk menyediakan 12.000 liter BBM per modular untuk mencukupi kebutuhan pemudik. Selain itu juga ada layanan antar dari Pertamina Delivery Service yang sudah berkoordinasi dengan pihak polisi dan pengawalan di Jalan Tol Semarang-Batang," paparnya.

Kehadiran Menteri PUPR dan Gubernur Jawa Tengah di Rest area 379

Peninjauan ini pun turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar mengungkapkan, bahwa selama dua hari ini ia terus meninjau para pemudik khususnya yang melalui Jalan Tol Trans Jawa.

Saat melakukan pengecekan jalur mudik di darat, Ganjar melihat arus lalu lintas yang lancar dan tidak terjadi kemacetan.

“Khusus untuk jalur darat, penerapan _one way sudah diterapkan, tepatnya dari Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga GT Kalikangkung Semarang,” ujar Ganjar.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa