Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Arus Balik Lebaran 2023, Korlantas Siapkan Sejumlah Antisipasi Kemacetan

M. Adam Samudra - Senin, 24 April 2023 | 11:15 WIB
Puncak arus mudik telah berlalu, kini pemerintah berfokus untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023, Menko PMK beberkan sejumlah strateginya.
Tribunnews.com
Puncak arus mudik telah berlalu, kini pemerintah berfokus untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023, Menko PMK beberkan sejumlah strateginya.

GridOto.comKakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan cara bertindak dalam memberikan pengamanan arus balik libur lebaran 2023.

“Kami akan melanjutkan rekayasa one way mulai hari ini dari Kalikangkung KM 414 sampai gate tol Cikampek Utama dan akan dilanjutkan contraflow dari KM 70 sampai KM 47 menggunakan 3 lajur,” kata Firman melalui keteranganya, Selasa (25/4/2023).

Namun bila kondisi bangkitan kendaraan pemudik dari arah Timur menuju Barat meningkat, rekayasa lalu lintas contraflow akan dilanjutkan sampai KM 36.

“Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contraflow KM 48 – KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek,” jelas Firman.

Selain itu juga ada jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik mudik.

Pertama yakni untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya, akan dikawal melewati Cisumdawu, dan ini sudah disiapkan hanya sampai dengan pukul 16.00 WIB 

“Kemudian ada pengalihan di tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk tol Cikampek,” jelas Firman.

Firman menambahkan bakal ada tambahan, yakni pemberlakuan ganjil-genap.

“Kami akan sosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan pada puncak arus mudik tanggal 24-25 April untuk jalan sesuai dengan plat kendaraannya,” jelas Firman.

Baca Juga: Enggak Terlihat, Fitur Ini Bisa Bikin Mudik Lebaran 2023 Lebih Aman

Selain itu, Firman juga sudah menyiapkan bila volume kendaraan meningkat hingga masuk Jakarta, perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow dimungkinkan sampai tol Dalam Kota.

“Kami berikan satu lajur sampai akses keluar tol di Dalam Kota,” terangnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa