Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2023

HFD 2023 Hyundai Staria Minum BBM Diesel Apa?

Billy - Senin, 24 April 2023 | 07:12 WIB
Hyundai Staria CRDi membutuhkan BBM diesel CN51-53
Billy/gridoto.com
Hyundai Staria CRDi membutuhkan BBM diesel CN51-53


Gridoto.com Produk global Hyundai Staria minum bahan bakar minyak(BBM) diesel apa sih agar  performa mesinnya maksimal?

Sebelum menjawab, seperti tahun sebelumnya, Holiday Fun Drive (HFD) 2023 ini disupport oleh Pertamax series : Pertamax untuk mesin bensin, Dexlite dan Pertadex untuk mesin diesel.

"BBM Pertamina memiliki oktan dan cetana yang optimal menyempurnakan pembakaran," terang  Erwin Budianto, manager Event dan Brand management PT Pertamina (Persero). Beruntung dengan jangkauan SPBU Pertamina yang ke pelosok Tanah Air, suplay BBM mudah didapat dan terjaga kualitasnya.

Baca Juga: 13 Mobil Adu Irit BBM di Holiday Fun Drive 2023, Siapa Juaranya?

 Yuk kita lihat spesifikasi mesin Staria. Berkapasitas 2.200 cc, memiliki sistem CRDi (Common Rail Direct Injection) dan eVGT (electronic Variable Geometry Turbocharger), seperti  mesin diesel Hyundai modern lainnya.

Daya mesin 2.2 liter Staria menghasilkan 177 dk/torsi 430 Nm. Sebagai perbandingan diesel Toyota 2GD-FTV 2.400 cc menghasilkan 149,6 dk/ torsi 400 Nm. Sementara Mitsubishi 4N15 2.400 cc punya daya 181 dk/torsi 430 Nm

Hyundai Staria bermesin 2.200 cc namun output besar. BBM diesel didukung oleh Pertamax Series dalam HFD2023
Billy/gridoto.com
Hyundai Staria bermesin 2.200 cc namun output besar. BBM diesel didukung oleh Pertamax Series dalam HFD2023

Teknologi CRDi Staria membutuhkan high pressure fuel system untuk pengkabutan BBM diesel via injecktor. Kabut atau mistnya sangat halus, sehingga performa dan konsumsi BBM sangat efisien.

Pada buku petunjuk disarankan minimal BBM dengan angka setana atau CN51.  Artinya minimal requirement adalah Dexlite (CN51) atau Pertadex (CN53). Kedua BBM tadi  mempunyai kadar sulfur  1.200 dan 300 ppm.

Data test drive Gridoto.com, rute dalam kota  Staria mencetak 11,8 km/liter. Lalu rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Staria meraih angka 17,5 km/liter. Efisien mengingat berat kotornya mencapai 3,1 ton. 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa