Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Tol Jakarta-Cikampek Dipadati Kendaraan Pemudik, Lalu Lintas Arah Timur Pecahkan Rekor Tertinggi Saat H-2 Lebaran 2023

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 21 April 2023 | 20:30 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama dipadati kendaraan pemudik.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama dipadati kendaraan pemudik.

GridOto.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Timur terus dipadati kendaraan pemudik, dengan rekor tertinggi dicatat PT Jasa Marga (Persero) pada H-2 Lebaran 2023 atau Kamis (20/4) kemarin.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, sebanyak 153.590 kendaraan turut memecahkan rekor kedua Jasa Marga dalam melayani arus lalu lintas tertinggi selama periode arus mudik tahun ini.

Bahkan terjadi kenaikan 13,36 persen, jika dibandingkan dengan puncak mudik Lebaran 2022 lalu sebesar 135.487 kendaraan.

"Sementara itu, jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) normal angka ini meningkat sebesar 168,5 persen," ujar Lisye dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (21/4/2023).

"Lalin meninggalkan Jabotabek ini merupakan kendaraan yang melintas di Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Timur (Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya). Titik ini merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Cipularang," imbuhnya.

Lanjut menurut Lisye, Jasa Marga juga mencatat sebanyak 711 ribu kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Timur selama periode H-7 sampai dengan H-2 Lebaran 2023.

Angka tersebut alami kenaikan sebesar 8,7 persen terhadap periode yang sama pada Lebaran 2022 lalu.

"Jika dibandingkan dengan lalin normal, bahkan naik hingga 107,3 persen," jelas Lisye.

"Hal ini selaras dengan prediksi Kementerian Perhubungan terkait pilihan moda yang digunakan oleh masyarakat pada periode arus mudik, yaitu mayoritas menggunakan mobil pribadi sebesar 27,32 juta kendaraan," tambahnya.

Baca Juga: Viral Macet Panjang di Ruas Tol Jakarta Menuju Jawa Tengah, Hoax atau Fakta?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa