Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral Macet Panjang di Ruas Tol Jakarta Menuju Jawa Tengah, Hoax atau Fakta?

M. Adam Samudra - Kamis, 20 April 2023 | 19:55 WIB
Video Tol Jakarta Cikampek macet total hoaks
Jasamarga
Video Tol Jakarta Cikampek macet total hoaks

GridOto.com - Beredar sebuah video kemacetan parah di ruas tol Cikampek dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah, periode mudik Lebaran 2023.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, menegaskan bahwa informasi tersebut tidaklah benar.

“Tidak benar. Video yang beredar adalah kejadian saat libur sekolah 2022, yang disebarkan juga seolah kemacetan pada mudik Lebaran 2022 lalu. Sanggahan bahwa ini adalah hoaks juga sudah kami lakukan. Sekarang beredar lagi. Masyarakat harus waspada akan berita hoaks semacam ini,” kata Usman melalui keteranganya, Kamis (20/4/2023).

Pada 2022, pihak Jasa Marga juga telah menyatakan bahwa kejadian tersebut diambil dari sebuah lokasi di jalan tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan Ramadan 2022).

Kemacetan panjang itu imbas pemberlakuan satu arah dari wilayah Puncak menuju Jakarta.

Kondisi tersebut turut berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi, diantaranya Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita  juga menegaskan jika video yang kembali beredar adalah kejadian saat libur panjang akhir pekan pada 2022. lokasinya pun adalah dari jalur Puncak menuju Jakarta.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023, Jasa Marga Catat Sebanyak 973 Ribu Kendaraan Sudah Meninggalkan Jabodetabek

“Sekarang beredar lagi seolah saat mudik tahun ini. Padahal saat mudik tahun ini Korlantas Polri sudah dengan sigap mempersiapkan segala upaya mengatasi kemacetan, salah satunya penerapan contra flow dengan tambahan dua lajur di sisi kanan,” katanya.

Baik Usman maupun Adita mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan berbagai informasi yang bermaksud memperkeruh suasana sehingga menganggu kenyamanan pemudik. 

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa