Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura Resmi Dibuka Fungsional Jelang Lebaran 2023, Kendaraan Melintas Tanpa Tarif

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 16 April 2023 | 14:05 WIB
Kendaraan yang melintas di Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta, dibuka selama arus mudik dan balik 2023.
Dok. Jasa Marga
Kendaraan yang melintas di Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta, dibuka selama arus mudik dan balik 2023.

GridOto.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura resmi dibuka secara fungsional, sudah bisa dimanfaatkan untuk mobilitas warga sekitar maupun pemudik sejak Sabtu (15/4/2023) kemarin.

Kendaraan yang melintas pun tidak dikenakan biaya alias tanpa tarif, selama masa pengoperasian terbatas dari jalan tol sepanjang enam kilometer tersebut.

Menurut Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Suchandra P. Hutabarat, pengoperasian fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Karakteristik jalur fungsional ini ialah berupa konstruksi rigid pavement sepanjang 3,5 Km dan lean concrete sepanjang 2,5 Km," ujar Suchandra dalam siaran resmi Jasa Marga, Sabtu (15/4/2023).

Lanjut menurut Suchandra, akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo berjarak sekitar 700 meter dari Gerbang Tol Colomadu Jalan Tol Solo-Ngawi.

Sementara kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya untuk golongan 1 non bus dan truk, sehingga tidak diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan berat.

"Jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju Jalan Nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini pengguna jalan bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo melalui Flyover Ngasem di STA 0+600," jelasnya.

Jalan  Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura dibuka secara fungsional tanpa tarif selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura dibuka secara fungsional tanpa tarif selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kendati demikian, jalan tol yang melintas di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini tidak dibuka penuh selama 24 jam dan masa pengoperasian terbagi menjadi dua.

Begitu juga untuk kecepatan maksimum kendaraan yang melintas di jalur fungsional ini dibatasi 40 Km/jam.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa