Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2023, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Merak

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 15 April 2023 | 13:08 WIB
Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan pada arus mudik Lebaran 2023.
Naufal Shafly/GridOto.com
Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan pada arus mudik Lebaran 2023.

GridOto.com - Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, membahas tentang kesiapan untuk merencanakan dan mengantisipasi arus mudik Lebaran 2023, dengan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Ilmu yang kita pelajari dari pengalaman sebelumnya kita terapkan agar arus mudik tahun ini lebih lancar," ujar Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Dengan kerjasama seluruh petugas dan pihak terkait, telah dilakukan pemeriksaan langsung terhadap semua jalur tol dan non-tol, baik dari arah Selatan maupun Tengah.

Selain itu, rapat teknis juga telah dilakukan untuk menyiapkan pengaturan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2023.

"Jumlah pemudik cukup besar tahun ini, dengan peningkatan dari 88,5 juta pada tahun lalu menjadi 123,8 juta," tambahnya.

Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, terdapat dua catatan besar menjelang arus mudik ini, mulai dari memastikan suksesnya deliver pemudik yang mengarah Barat (Merak) dan penggunaan pelabuhan Ciwandan yang nantinya beroperasi saat arus mudik.

“Ada dua catatan besar yang pertama itu kita memastikan suksesnya deliver rekan-rekan kita yang ke arah Barat yaitu menyeberang di Merak, tahun ini kita merekayasa dengan mengurangi kendaraan yang masuk ke Merak, dan untuk kendaraan roda dua, kendaraan truk, nanti akan menggunakan Pelabuhan Ciwandan,” tambah Kakorlantas Polri.

Ia menambahkan, dengan adanya penambahan pelabuhan, terdapat juga perbaikan manajemen rest area, serta pelatihan untuk seluruh jajaran.

“Perbaikan manajemen di rest area yang sudah dilakukan ini semoga pengamanannya yang sudah di latih, juga seluruh jajaran yang akan dilalui di lokasi-lokasi ini untuk memastikan bahwa sumbatan-sumbatan tadi bisa diperhalus jangan sampai terjadi hambatan” tegas Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Baca Juga: Polisi Petakan Jalur Mudik Lebaran 2023 yang Rawan Laka di Jombang, Ini Titik Lokasinya

Kepala Korps Lalu Lintas Polri juga mengingatkan pemudik untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi baik, membawa persediaan yang cukup, dan mengutamakan istirahat ketika lelah.

"Tentunya, kita berdoa agar perjalanan aman dan sabar di jalan, dan kita semua ingin bekerja sama untuk memastikan arus mudik menjadi pengalaman yang berkesan," tutup Kakorlantas Polri.

Editor : Hendra
Sumber : ntmcpolri.info

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa