Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dukung Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023, Menteri PUPR Beberkan Kesiapan Infrastruktur Jalan Tol

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 13 April 2023 | 12:15 WIB
Menteri PUPR beberkan kesiapan infrastruktur jalan tol untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023.
GridOto.com/Rianto Prasetyo
Menteri PUPR beberkan kesiapan infrastruktur jalan tol untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023.

GridOto.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa sejumlah infrastruktur telah disiapkan untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

"Prasarana, regulasi, dan perilaku adalah kunci keberhasilan arus mudik dan balik," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya, Rabu (12/04/2023).

Pihaknya telah meningkatkan dan menambah sejumlah prasarana seperti pelebaran jalan, rest area, dan pengoperasian jalan tol fungsional untuk membuat mudik lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Pelebaran jalur Tol Jakarta-Cikampek di kilometer setelah turun elevated sudah dilakukan, dan pelebaran jalan menjadi tiga ruas di setiap muka rest area di Tol Cipali juga rampung, tujuannya untuk menghindari penumpukan kendaraan," kata Menteri Basuki.

Rest area tambahan juga telah disiapkan di kilometer 81a dan b.

"Totalnya sekitar 20 hektare, namun sekitar 2 hektare bisa kita siapkan untuk sementara dengan toilet dan juga mobile Pertamina dan prasarana lainnya," tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan tol fungsional di beberapa ruas tol di Jawa dan Sumatra untuk mendukung kelancaran arus mudik.

Contohnya Tol Japek Selatan II dari Sadang sampai ke Taman Mekar, ruas di Tol Solo-Yogyakarta, hingga Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

"Semua tol fungsional agar dimanfaatkan dan yang lain-lainnya jalan nasional sudah kita siapkan untuk arus mudik dan balik," kata Menteri PUPR.

Baca Juga: Jelang Mudik, Jasa Marga Buka Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II, Ini Rutenya 

Diskon tarif tol sebesar 20 persen juga akan diberikan pada dua hari sebelum dan dua hari setelah cuti bersama di beberapa ruas tol di Jawa dan Sumatra.

“Untuk tol yang di Jawa kemarin sudah diumumkan sudah disetujui 20 persen diskon untuk tanggal-tanggal yang kemarin, 2 hari sebelum libur, 2 hari setelah libur. Dari Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung juga ada diskon 20 persen dari BUJT Hutama Karya. Selain itu yang dari Binjai-Medan juga diberi diskon,” pungkasnya.

Editor : Hendra
Sumber : setkab.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa