Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subsidi Kendaraan Listrik

Harga Hyundai IONIQ 5 Turun Rp 70 Juta Setelah Dapat Subsidi Mobil Listrik, Tapi…

Wisnu Andebar - Selasa, 11 April 2023 | 22:56 WIB
Harga Hyundai IONIQ 5 dapat subsidi PPN dari pemerintah
Radityo Herdianto / GridOto.com
Harga Hyundai IONIQ 5 dapat subsidi PPN dari pemerintah

GridOto.com - Hyundai IONIQ 5 menjadi salah satu mobil listrik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, berlaku mulai 1 April 2023.

Adapun subsidi yang diberikan berupa insentif PPN sebesar 10 persen, sehingga konsumen hanya perlu membayar 1 persen dari sebelumnya 11 persen.

Hyundai IONIQ 5 berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah lantaran memenuhi persyaratan, yaitu telah diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen.

Menurut Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, pihaknya sudah menghitung pengurangan harga setelah mendapatkan subsidi PPN dari pemerintah.

"Kalau kami coba hitung, kan kami punya beberapa varian untuk IONIQ 5, itu subsidi yang bisa kami berikan kira-kira antara Rp 60 sampai 70 jutaan," ujar Makmur dalam acara jumpa pers di Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2023).

Hanya saja Makmur menyebutkan bahwa konsumen belum bisa menikmati subsidi tersebut, lantaran masih menunggu petunjuk teknisnya.

"Cuma dalam praktiknya kami lagi berkoordinasi dengan instansi terkait bagaimana untuk eksekusnya. Kami masih menunggu juknis dari pemerintah supaya konsumen bisa mendapatkan hasil yang optimal," ucapnya.

"Bagi dealer juga agar dapat menyalurkan bantuan ini dengan mudah, jadi segala sesuatunya lancar. Kami masih menunggu kelanjutannya," sambung Makmur.

Bicara harga, Hyundai IONIQ 5 memiliki empat varian, dijual mulai Rp 748 juta untuk tipe Prime Standard sampai Rp 859 juta tipe Signature Long Range OTR DKI Jakarta.

Baca Juga: Bukan Rp 80 Juta, Ternyata Ini Harga Resmi Wuling Air Ev Setelah Dapat Subsidi dari Pemerintah

Jika kena subsidi Rp 70 juta, maka harga mobil listrik Hyundai yang diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat ini menjadi Rp 678 juta sampai Rp 789 juta.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga Hyundai IONIQ 5 jika dapat subsidi kendaraan listrik dari pemerintah:

Tipe Harga Normal Harga Subsidi
IONIQ 5 Prime Standard Range  Rp 748 juta Rp 678 juta
IONIQ 5 Prime Long Range Rp 789 juta Rp 719 juta
IONIQ 5 Signature Standard Range Rp 809 juta Rp 739 juta
IONIQ 5 Signature Long Range Rp 859 juta Rp 789 juta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa