Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agar Perjalanan Mudik Lebaran 2023 Tenang, Kemenhub Imbau Pemudik Pilih Bus dengan Stiker Khusus

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 11 April 2023 | 16:30 WIB
Kemenhub imbau pemudik pilih bus angkutan mudik Lebaran 2023 yang sudah punya stiker khusus, ini alasannya.
kompas.com/Ambaranie Nadia
Kemenhub imbau pemudik pilih bus angkutan mudik Lebaran 2023 yang sudah punya stiker khusus, ini alasannya.

GridOto.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), terus melakukan pemeriksaan kendaraan atau rampcheck bagi bus angkutan mudik Lebaran 2023 untuk memastikan laik jalan.

Deretan bus yang akan beroperasi saat angkutan Lebaran (Angleb) tersebut di antaranya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan Pariwisata.

Pelaksanaan kegiatan rampcheck dilakukan dari tanggal 27 Februari 2023 hingga 17 April 2023 mendatang di Terminal Bus AKAP dan AKDP, Pool Bus Pariwisata dan Kawasan Pariwisata.

Menurut Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Pitra Setiawan, para petugas yang melakukan rampcheck nantinya akan memberikan pelaporan secara realtime pada website MitraDarat dengan mencantumkan Unsur Teknis, Unsur Adminstrasi, Nomor Sticker, Nama dan Nomor Registrasi Penguji, Nama Pengemudi, dan Nama PPNS.

“Secara total, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada periode Angkutan Lebaran 2023 mempersiapkan 111 Terminal Tipe A dan 57. 693 unit bus. Seperti belum lama ini di Terminal Kalideres Jakarta, kami melakukan rampcheck terhadap sekitar 30 armada yang akan mengangkut penumpang pada Angleb mendatang," kata Pitra dalam keterangannya (7/4/2023).

Pitra menjelaskan, dari hasil sementara rata-rata telah memenuhi syarat teknis, akan tetapi belum melengkapi alat-alat pengamanan darurat.

"Seperti alat pemukul kaca, alat pemadam, dongkrak dan kotak obat. Itu kita lakukan peneguran, kecuali pelanggaran berat, maka kita stop untuk beroperasi,” kata Pitra.

Ditjen Hubdat tidak hanya melakukan pengecekan untuk armada yang akan mengangkut pemudik saja, tetapi juga untuk bus-bus yang akan mengangkut penumpang balik dari daerah ke Jakarta.

“Hal ini seperti yang kita lakukan di Terminal Tirtonadi, tidak hanya memeriksa kondisi kendaraan, namun petugas juga melakukan pengecekan terhadap awak kendaraan baik dari sisi administrasi seperti kepemilikan SIM, STNK, KIR, dan KP,” tambahnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, Berikut Daftar Tarif Bus AKAP Jakarta-Palembang

Editor : Dida Argadea
Sumber : hubdat.dephub.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa