Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Kemenhub Klaim Melalui Aplikasi Ini Perjalanan Mudik Jadi Lancar

M. Adam Samudra - Rabu, 5 April 2023 | 08:21 WIB
Ilustrasi mudik
Jasa Marga
Ilustrasi mudik

GridOto.com -  Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini segalanya menjadi mudah, termasuk perjalanan menuju ke kampung halaman.

Untuk ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mendorong para pemudik menggunakan aplikasi yang ada seperti MitraDarat dan Ferizy.

Direktur Angkutan Jalan, Suharto menjelaskan bahwa MitraDarat merupakan aplikasi multi layanan yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu terkait pengawasan, perizinan dan operasional bidang transportasi darat.

Mitra Darat sendiri merupakan sebuah layanan berupa aplikasi smartphone, yang dirilis secara resmi oleh pihak Kemenhub.

“Melalui aplikasi ini kita dapat melakukan pengecekan informasi laik jalan kendaraan, Tracking Bus yang terintegrasi dan informasi mengenai Peta Mudik,” kata Suharto melalui keteranganya, Rabu (5/4/2023).

Ia menambahkan, sebagai upaya untuk menekan angka penggunaan sepeda motor oleh para pemudik maka Kemenhub melalui Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 24.072 kuota mudik gratis yang terdiri dari 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga menyediakan kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis yang total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit.

Yang dimana terbagi menjadi 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk (15 unit truk mudik dan 15 unit truk balik).

Baca Juga: Sebanyak 138 Ribu Kendaraan Kosongkan Jabodetabek Pada Puncak Arus Mudik, Jasa Marga Imbau Pemudik Persiapkan Hal Ini

“Dan dengan aplikasi tersebut masyakat dapat mendaftar mudik gratis. Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna bus dapat mengecek apakah bus yang akan dinaikinya sudah laik untuk beroperasi atau belum," ucapnya.

APLIKASI FERIZY

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa