Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Sebanyak 138 Ribu Kendaraan Kosongkan Jabodetabek Pada Puncak Arus Mudik, Jasa Marga Imbau Pemudik Persiapkan Hal Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 5 April 2023 | 07:39 WIB
Pada 19 April 2023 Diprediksi jadi puncak arus mudik, Jasa Marga imbau para pemudik untuk mempersiapkan hal berikut ini.
Tribunnews.com
Pada 19 April 2023 Diprediksi jadi puncak arus mudik, Jasa Marga imbau para pemudik untuk mempersiapkan hal berikut ini.

GridOto.com - Pada 19 April 2023, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi akan terjadi puncak arus mudik Lebaran 2023.

Puncak arus mudik yang bertepatan pada H-3 Lebaran 1444 H tersebut, diperkiarakan 138 ribu kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek.

Jumlah itu naik dua persen dibandingkan tahun 2022 dan melonjak 154 persen dari arus lalu lintas normal sebanyak 54 ribu kendaraan.

Agar perjalanan berlangsung lancar, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengimbau pemudik untuk melakukan berbagai persiapan.

Pertama, pemudik harus mematuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah, lalu memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan.

Kemudian mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi), memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM), melakukan pengecekan tarif tol, serta kecukupan saldo uang elektronik.

"Selain itu, juga memastikan kecukupan pulsa/data ponsel dan mengunduh aplikasi untuk aktualisasi informasi kondisi lalin, serta update lokasi posko layanan kesehatan yang tersedia di rest area," tutur Lisye, dikutip dari Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Lisye juga mengimbau pemudik untuk memilih waktu dan rute perjalanan dengan menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik.

Menaati aturan selama perjalanan agar selalu mengikuti rambu dan arahan petugas di lapangan juga harus dilakukan pemudik.

Baca Juga: Prediksi Puncak Arus Mudik 2023 Menurut Polisi, Antisipasi Dimulai Sejak 18 April

Hal penting lainnya adalah disiplin dalam menaati ketentuan berkendara di jalan tol, seperti misalnya tidak berhenti di bahu jalan, kecuali darurat.

Pemudik juga diharapkan menaati aturan selama di rest area dengan tidak berlama-lama istirahat, maksimal 30 menit.

"Kami menganjurkan pemudik untuk untuk take away makanan. Apabila rest area penuh, gunakan rest area yang disediakan pemerintah (terdekat dengan akses keluar tol) untuk kemudian masuk kembali ke tol melanjutkan perjalanan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Puncak Arus Mudik 19 April, 138.000 Kendaraan Kosongkan Jabotabek

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa