Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sayang Banget kalau Mudik 2023 Enggak Pakai Aplikasi Ini, Ada Info Tarif Tol, Rest Area, sampai CCTV

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 19 Maret 2023 | 13:55 WIB
Aplikasi ini cocok jadi teman melakukan perjalanan mudik 2023, karena bisa menyediakan informasi tarif tol, rest area, sampai CCTV.
Agus Salim/GridOto.com
Aplikasi ini cocok jadi teman melakukan perjalanan mudik 2023, karena bisa menyediakan informasi tarif tol, rest area, sampai CCTV.

GridOto.com - Buat yang mau melaksanakan mudik 2023, rasanya kurang lengkap kalau belum memanfaatkan aplikasi satu ini.

Aplikasi yang dirilis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian PUPR bernama 'Tol Kita' tersebut bisa menampilkan beragam informasi seputar jalur mudik 2023 di jalan tol.

Mulai dari estimasi tarif tol dari asal perjalanan hingga ke tujuan, informasi seputar rest area dan layanannya, CCTV di jalan tol untuk memantau lalu lintas secara real time.

Lalu ada update informasi dan pemberitaan jalan tol, layanan call center 24 jam, info prakiraan cuaca, dan juga terkoneksi dengan aplikasi info tol dari para Badan Usaha Jalan Tol.

Kepala BPJT, Danang Parikesit mengatakan, aplikasi Tol Kita sudah tersedia di perangkat Android (Playstore) dan iOS (App Store).

"BPJT memastikan keberfungsian CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi. Juga terdapat aplikasi dari masing-masing BUJT untuk informasi seputar Jalan Tol dan tarif tol yang tersedia," kata Danang, dikutip dari rilis di halaman resmi BPJT, Minggu (19/3/2023).

Danang juga membeberkan data kecelakaan lalu lintas yang terjadi saat periode mudik Lebaran tahun 2022 lalu.

Di Tol Trans Jawa, terdapat 7,16% kecelakaan dan 4,72% meninggal dunia, kemudian di Jalan Tol Trans Sumatera terdapat 9,68% kecelakaan dan 12,5% meninggal dunia.

Untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut, para pengemudi yang menggunakan jalan tol sebagai jalur mudik 2023 bisa memaksimalkan aplikasi Tol Kita.

Aplikasi Tol Kita tersedia bagi penguna Android dan iOS.
play.google.com
Aplikasi Tol Kita tersedia bagi penguna Android dan iOS.

Editor : Hendra
Sumber : bpjt.pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa