Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Formula E Jakarta 2023

Mobil Baru Bikin Banyak Insiden, Panitia Formula E Jakarta 2023 Jadi Harap-harap Cemas

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 28 Februari 2023 | 21:45 WIB
Mobil balap Gen3 yang lebih bertenaga sering bikin insiden, panitia lokal Formula E Jakarta 2023 jadi harap-harap cemas.
Sam Bagnall/FIA Formula E
Mobil balap Gen3 yang lebih bertenaga sering bikin insiden, panitia lokal Formula E Jakarta 2023 jadi harap-harap cemas.

GridOto.com - Musim 2023 menjadi kali pertama mobil balap generasi terbaru Formula E dipergunakan untuk balapan.

Dibandingkan generasi pendahulunya, mobil balap generasi terbaru Formula E alias Gen3 ini memiliki tenaga yang lebih besar.

Namun, penambahan tenaga tadi juga dibarengi oleh bobot yang lebih ringan, serta kombinasi ban juga bodi dengan grip mekanis dan aerodinamis yang lebih kecil.

Hal tersebut pun membuat mobil balap Formula E Gen3 menjadi lebih sulit dikontrol, dan hasilnya bisa dilihat dari cukup banyaknya insiden pada lima balapan pertama Formula E 2023.

Meski demikian, pihak panitia lokal optimis Formula E Jakarta 2023 bisa berlangsung lebih 'bersih' ketika dihelat pada 3-4 Juni nanti.

"Karena sirkuit-sirkuit sebelumnya seperti di India dan Afrika Selatan itu murni jalan raya, jadi aspalnya mungkin tidak sebaik sirkuit Ancol," ucap Ananda Mikola, Pimpinan Organizing Committee Formula E Jakarta 2023 kepada GridOto com dalam konferensi pers di Jakarta Utara, Selasa (28/2/2023).

Selain itu, pihak Formula E Operations (FEO) juga pernah mengatakan bahwa mereka ikut mendesain sirkuit bernama lengkap Jakarta International e-Prix Circuit (JIEC) tersebut berdasarkan performa mobil Gen3.

Meski demikian, Ananda Mikola tidak memungkiri bahwa Formula E Jakarta 2023 bisa saja diwarnai banyak insiden akibat mobil Gen3 yang lebih 'liar' itu.

Walaupun ia juga melihat 'sisi baik' di mana balapan yang banyak dipenuhi kontak akan lebih menghibur bagi penonton awam.

Baca Juga: Panitia Lokal Ungkap Persiapan Formula E Jakarta 2023 yang Tinggal Tiga Bulan Lagi

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa